KPK Ungkap Strategi Pencegahan Korupsi di IKN Seperti Penanganan Pandemi

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 15:51 WIB
Pahala Nainggolan
Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Deputi Pencegahan KPK Pahala Nainggolan berbicara tentang strategi pencegahan korupsi di ibu kota negara (IKN) baru, Nusantara. Pahala mengatakan KPK akan menggunakan strategi pencegahan korupsi seperti penanganan pandemi.

"Untuk IKN memang kita agak lain pencegahannya. Kalau biasanya jalan dulu, lantas dengan fungsi monitoring dikaji, nanti ada rekomendasi perbaikan. Khusus untuk IKN ini mengambil model kayak penanganan pandemi," kata Pahala di YouTube Transparency International Indonesia (TII), Selasa (25/1/2022).

Pahala mengatakan KPK akan mengikuti alurnya nanti seperti apa. Jika ditemukan tata kelola yang kurang tepat, KPK akan merekomendasikan untuk segera diperbaiki.

"Jadi kita ikut di dalam timnya, jadi kalau ada yang kita pandang tata kelola yang kurang baik, kita segera surati untuk direkomendasi sehingga perbaikannya segera, tidak harus lewat sampai jauh," ucapnya.

Selanjutnya, Pahala menyebut KPK akan turun tangan dalam proses pembangunan infrastruktur di IKN. KPK akan menerapkan pencegahan yang efektif seperti menangani pandemi.

"Jadi KPK akan menjadi bagian dari proses pembangunan IKN dengan segala infrastrukturnya, jadi itu kita pikir upaya pencegahan yang relatif efektif, belajar dari pencegahan selama program penanganan percepatan penanganan pandemi," ujarnya.

Lebih lanjut, Pahala berpandangan bahwa peraturan di IKN kemungkinan akan berubah, seiring perkembangan digital. Tentu hal itu meliputi pelayanan publik, sehingga hal ini juga mempermudah sistem untuk pencegahan.

"Ada ada efeknya reformasi dan birokrasi? Kalau lihat desainnya iya, karena semua akan serba digital, kita pikir semoga jadi model pelayanan publik yang baik seperti apa, dan kalau ORI (Ombudsman RI) nanti bisa kasih semacam masukan pelayanan publik yang baik di sana seperti apa, kalau digital korupsinya bisa ter-protect sendiri, pencegahannya jalan sendiri karena sistem baik," katanya.

"Jadi kita optimistis untuk itu dan pendekatannya kita langsung saja masuk tim, kasih rekomendasi langsung. Sehingga kita harapkan perbaikannya langsung terjadi sambil lihat modelnya yang semoga bisa ditiru di banyak daerah," tambahnya.

Simak Video 'Bantahan Airlangga soal Dana PEN untuk IKN: Anggaran dari PUPR':

[Gambas:Video 20detik]



(azh/fas)