Chinese New Year 2022, Ini 4 Fakta Menarik Tentang Imlek

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 14:37 WIB
Chinese New Year 2022 tinggal beberapa minggu lagi. Perayaan Chinese New Year ini diperingati di China dan sejumlah negara di Asia, termasuk Indonesia.
Chinese New Year 2022, Ini 4 Fakta Menarik Tentang Imlek (Foto: Getty Images/iStockphoto/piccaya)
Jakarta -

Chinese New Year 2022 tinggal beberapa minggu lagi. Perayaan Chinese New Year ini diperingati di China dan sejumlah negara di Asia, termasuk Indonesia.

Perayaan Chinese New Year atau Imlek diperingati dengan tanggal yang berbeda tiap tahunnya. Tahun ini, Chinese New Year atau Imlek jatuh pada tanggal 1 Februari.

Simak informasi mengenai Chinese New Year 2022 yang sudah kami rangkum berikut ini.


Chinese New Year 2022: Berawal Dari Legenda Monster Bernama Nian

Dilansir dari situs Britannica, awal mula Chinese New Year atau Imlek penuh dengan legenda. Salah satu legenda mengatakan bahwa ribuan tahun yang lalu monster bernama Nian akan menyerang penduduk desa pada hari pertama setiap tahun baru.

Monster itu takut dengan suara keras, cahaya terang, dan warna merah, jadi benda-benda tersebut digunakan untuk mengusir monter Nian. Maka dari itu, sampai sekarang, Imlek dirayakan dengan petasan, kembang api, dan pakaian serta dekorasi berwarna merah.


Chinese New Year 2022: Tahun Ini Merupakan Tahun Harimau

Melansir dari CNN, Chinese New Year atau Imlek dirayakan selama bulan baru kedua setelah titik balik matahari musim dingin. Imlek biasanya jatuh antara 21 Januari hingga 20 Februari pada kalender modern. Tahun ini Imlek jatuh pada hari Selasa, 1 Februari.

Diketahui bahwa ada legenda China yang menyatakan bahwa Buddha meminta semua hewan untuk bertemu dengannya pada hari Imlek dan menamai tahun sesuai dua belas hewan yang datang. Adapun 12 hewan dalam penanggalan China di antaranya:

  • anjing
  • babi/babi hutan
  • tikus
  • lembu
  • harimau
  • kelinci
  • naga
  • ular
  • kuda
  • domba
  • monyet
  • ayam jago

Berdasarkan penanggalan China, tahun 2022 merupakan tahun Harimau. Menurut legenda China, orang yang lahir di setiap tahun hewan memiliki beberapa ciri kepribadian dari hewan tersebut.


Chinese New Year 2022: Perayaan Imlek di Sejumlah Tempat

Chinese New Year alias Imlek dirayakan di China dan komunitas China di seluruh dunia. Imlek merupakan perayaan terpanjang dan terpenting dalam kalender lunisolar China.

Masih melansir dari CNN, berikut adalah sejumlah perayaan menarik Imlek yang dilaksanakan di sejumlah tempat:

  1. Kota Nanquan, China
    Kota Nanquan merupakan kota kecil di China, mereka mengadakan pertunjukan unik setiap tahunnya saat Imlek. Para pandai besi di kota tersebut melemparkan logam cair ke tembok kota batu yang dingin untuk menciptakan percikan api. Diketahui bahwa kegiatan tersebut dilakukan karena dahulu, para pandai besi di kota tersebut terlalu miskin untuk membeli kembang api.
  2. London, Inggris
    Ibu kota Inggris, London, merupakan kota di luar Asia yang merayakan Chinese New Year dengan besar-besaran. Setiap tahunnya saat Imlek, terdapat parade besar yang berangkat dari Chinatown sampai Trafalgar Square.
  3. Studio City, Makau
    Perayaan Chinese New Year di Studio City, Makau bisa dilakukan dengan menaiki Bianglala unik yang berbentuk angka 8. Hal ini karena angka 8 merupakan simbol kekayaan dalam budaya China.

Sejarah Chinese new year 2022 sudah diketahui. Simak pula halaman selanjutnya untuk mengetahui tradisi imlek.