Kebakaran Ruko di Mangga Dua, Kerugian Ditaksir hingga Rp 600 Juta

Anggi Muliawati - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 08:36 WIB
Ilustrasi kebakaran
Foto Ilustrasi Kebakaran (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Ruko Wisma Sehati di Mangga Dua, Sawah Besar, Jakarta Pusat, terbakar. Kerugian akibat peristiwa ini ditaksir mencapai Rp 600 juta.

Kebakaran terjadi pada Senin (24/1/2022) pukul 20.37 WIB. Lokasi kejadian berada di Ruko RPP Lantai 7, Jalan Mangga Dua Raya, Blok F4, RT 01 RW 12.

"(Penyebab kebakaran) diduga korsleting listrik," kata Kasudin Gulkarmat Jakpus Asril Rizal dalam keterangannya, Selasa (25/1/2022).

Asril Rizal mengatakan kejadian bermula saat petugas satpam melihat kepulan asap di Ruko Wisma Sehati. Satpam berusaha memadamkan api.

Namun satpam mengalami kesulitan menuju lantai 7 atau titik api. Saat itu asap sudah sampai di lantai 6 dan sangat pekat.

Satpam pun menghubungi pemadam kebakaran (damkar) terdekat. Pada penindakan awal, sebanyak lima unit damkar dikerahkan ke lokasi kebakaran.

"Awalnya kita kirim lima unit medium 1-18. Lalu dikirimkan kembali, sehingga total ada 12 unit dengan 58 personel," jelas Asril Rizal.

Asril Rizal mengatakan, dalam proses pemadaman, pihaknya cukup mengalami kesulitan. Kendala dirasakan lantaran minimnya ventilasi udara, sedangkan asap makin tebal.

"Asap pekat dari lantai 6 karena tidak ada ventilasi udara. Petugas masuk dengan menggunakan alat bantu pernapasan (SCBA) dan ditemukan titik api di lantai 7," terang dia.

Asril Rizal mengatakan kebakaran padam setelah 3 jam lebih petugas berjibaku. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun kerugian ditaksir mencapai Rp 600 juta.

"Unit tiba pukul 20.40 WIB, langsung pemadaman dan selesai pukul 23.30 WIB. Nggak ada korban, tapi kerugian kurang-lebih Rp 600 juta," tuturnya.

(aud/aud)