Tanggul Citarum yang Longsor Timpa Rumah Warga Ditutup Karung Isi Tanah

Antara - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 22:37 WIB
Tanggul Sungai Citarum di Desa Lenggah Jaya, Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, longsor. Begini kondisinya.
Tanggul Sungai Citarum di Desa Lenggah Jaya, Cabangbungin, Kabupaten Bekasi, longsor. Begini kondisinya. (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Bekasi -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi, Jawa Barat memperbaiki tanggul Sungai Citarum yang longsor hingga menimpa tiga rumah warga. Perbaikan yang dilakukan bersifat sementara.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bekasi Henri Lincoln mengatakan perbaikan tanggul longsor dilakukan dengan menempatkan karung berisi tanah tepat di area yang mengalami longsor.

"Untuk menghindari longsor susulan, kami meletakkan karung-karung yang diisi tanah supaya mampu menahan pondasi tanggul," kata Henri di Cikarang seperti dilansir Antara, Rabu (12/1/2022).

Selain perbaikan tanggul sementara, BPBD Kabupaten Bekasi juga membersihkan sisa-sisa longsoran di lokasi kejadian.

Diketahui, tiga rumah warga di RT 005/03 Kampung Tapak Serang, Desa Lenggahjaya, Kecamatan Cabangbungin mengalami kerusakan akibat tertimpa longsoran tanggul Citarum yang jebol.

Insiden itu terjadi pada Selasa (11/1) malam kemarin. Insiden berawal saat hujan dengan intensitas sedang hingga lebat mengguyur wilayah itu sekitar pukul 23.00 WIB.

"Hujan tersebut mengakibatkan tanah di area tanggul bergerak hingga terjadi longsor," katanya.

Tiga rumah warga masing-masing milik Naseh mengalami rusak ringan serta hancur di bagian dapur sementara kediaman Kasum rusak sedang di bagian tembok belakang.

Satu rumah lagi yakni milik keluarga Nata mengalami kerusakan yang paling parah di mana pondasi atap bagian belakang roboh hingga menimpa bangunan.

"Beruntung tidak ada korban jiwa dalam insiden itu. Total kerugian masih kami estimasi," kata Henri.

(jbr/lir)