Capaian Vaksinasi COVID-19 Kota Surabaya Sudah Lebih dari 100%

Zefanya Aprilia - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 19:07 WIB
DPRD Surabaya
Foto: DPRD Surabaya
Jakarta -

Kapolrestabes Surabaya Kombes Yusep Gunawan memaparkan pencapaian pihaknya dalam menangani pandemi COVID-19 sepanjang 2021. Seperti kolaborasi Polrestabes Surabaya, Pemkot Surabaya, dan TNI dalam melakukan percepatan vaksinasi.

Untuk dosis pertama mencapai 120 persen dan dosis kedua mencapai 106 persen, serta vaksinasi anak-anak mencapai 100 persen untuk dosis pertama. Situasi dan keamanan serta pengendalian penyebaran COVID-19 di Surabaya merupakan salah satu tolok ukur kinerja Kepolisian.

"Di mana Kepolisian terlibat, dituntut untuk mendukung pelaksanaan tugas pemerintah di dalam penanganan COVID-19. Dan Kota Surabaya, Bapak Wali Kota Surabaya telah melakukan strategi penanggulangan COVID-19, selaku Satgas COVID-19 di jalan yang benar, strategi yang baik," ungkap Yusep dalam keterangan tertulis, Senin (24/1/2022).

Yusep mengungkapkan Kota Surabaya pernah mendapatkan predikat kota terbaik dalam melakukan tracing dengan angka mencapai 1000 persen. Selain itu, pihaknya juga turut aktif dalam antisipasi pencegahan penyebaran virus Omicron.

Salah satunya dengan melakukan pengawalan terhadap kedatangan Pekerja Migran Indonesia yang saat ini melakukan karantina di Asrama Haji. Yusep menambahkan, ketaatan prokes masyarakat menjadi salah satu prioritas Polrestabes Surabaya.

"Ketaatan masyarakat menjadi prioritas kami, khususnya di Kepolisian. Terbukti pada saat Natal, bahkan menjadi kota teraman di Indonesia, dibanding kota lainnya di Indonesia. Dan ini berkat dukungan semua pihak. Dan ini menjadi peningkatan kunjungan VIP, VVIP di Kota Surabaya," ungkap Yusep.

Usai melakukan pemaparan di hadapan Pimpinan dan anggota DPRD Kota Surabaya, Yusep menyampaikan terima kasih telah bisa menyampaikan hasil Anev (Analisa dan Evaluasi) tahun 2021. Ia mengatakan pencapaian itu diperoleh dari sinergitas dan kolaborasi dengan legislatif.

Selain itu, Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono menjelaskan hasil sinergitas pihaknya dengan Polrestabes Surabaya. Seperti dalam penanganan kasus kekerasan perempuan dan anak di Surabaya serta penanganan kasus narkoba. Tak terluput, pengembang Polsek Gunung Anyar yang baru saja diresmikan beberapa waktu lalu.

"Ini adalah rapat forum pimpinan yang kebetulan mengambil tempat di ruang rapat paripurna DPRD, supaya anggota DPRD bisa hadir dan Pak Kapolres bisa membawa anggota yang lengkap untuk mendengarkan diskusi yang lebih gayeng di antara kita semua," tandas Adi.

(fhs/ega)