Mantap! Jokowi-PM Singapura Saksikan Peralihan Pelayanan Ruang Udara RI Besok

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 15:51 WIB
Presiden Jokowi
Presiden Jokowi (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bakal bertemu Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong pada esok hari. Pertemuan itu untuk menandatangani kesepakatan mengenai penyesuaian flight information region (FIR).

Kabar mengenai pertemuan Presiden Jokowi dan PM Singapura itu dibenarkan oleh Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono. Namun Heru tak menjelaskan lebih lanjut mengenai isi pertemuan tersebut.

"Benar," kata Heru saat dimintai konfirmasi, Senin (24/1/2022).

Dihubungi terpisah, juru bicara Kementerian Perhubungan Adita Irawati mengatakan Presiden Jokowi dan PM Singapura bakal bertemu di Bintan. Adita menjelaskan Indonesia dan Singapura telah mencapai kesepakatan mengenai penyesuaian FIR.

"Pada intinya Indonesia mencapai kesepakatan dengan Singapura terkait penyesuaian pelayanan ruang udara atau flight information region (FIR). Persetujuan penyesuaian FIR menurut rencana ditandatangani di depan Presiden Joko Widodo dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong di Pulau Bintan, Kepulauan Riau, Selasa (25/1)," kata Adita.

Lika-liku Pengambilalihan Langit RI dari Singapura

Pada 2019, Jokowi juga bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menjadi babak baru pembahasan flight information region (FIR) atau pengelolaan wilayah udara yang selama ini berpolemik. FIR sendiri merupakan isu kedaulatan udara yang sudah lama dibahas.

Sebagaimana diketahui, dalam pertemuan itu, Jokowi mengatakan, RI menerima kerangka kerja untuk negosiasi FIR yang disepakati kedua negara.

"Indonesia menghormati posisi Singapura yang memahami keinginan Indonesia untuk mengawasi wilayah udara kami sendiri," kata Jokowi dalam pernyataan bersama di The Istana, Singapura, Selasa (8/10/2019).

Tim Teknis Indonesia, jelas Jokowi, telah memulai negosiasi mengenai FIR. "Kami mendorong negosiasi secara cepat untuk mencapai hasil yang konkret," ujarnya.

Simak halaman selanjutnya soal lika-liku upaya RI merebut kembali ruang udara.