Kapolri: Saya Minta Maaf Perilaku Anggota Belum Sesuai Harapan

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 14:38 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sempat menyampaikan permintaan maaf saat rapat kerja bersama Komisi III DPR RI terkait kinerja jajarannya. Dia mengakui masih terdapat kekurangan terkait kinerja, perilaku dan perkataan jajarannya yang masih belum sesuai dengan harapan masyarakat.

Awalnya, Sigit menyampaikan kondisi secara umum kamtibmas dan ketertiban masyarakat sepanjang tahun 2021. Dia menyebut jumlah kejahatan menurun hingga 19,3 persen.

"Berkenan kami laporkan secara umum stabilitas kamtibmas dan ketertiban masyarakat sepanjang tahun 2021 dapat terjaga dengan baik. Di mana jumlah total kejahatan mengalami penurunan sebesar 19,3 persen atau 53.360 perkara, namun di tingkat penyelesaian perkara meningkat sebesar 6,1 persen menjadi 65,7 persen atau 154.963 perkara," kata Sigit saat rapat kerja di Gedung DPR/MPR, Senin (24/1/2022).

Sigit mengakui, di balik capaian hingga keberhasilan sepanjang 2021, masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan tugas Polri. Terkait hal itu, Sigit pun meminta maaf jika terdapat anggotanya selama ini berperilaku belum sesuai harapan masyarakat.

"Capaian Polri selama tahun 2021 merupakan fondasi dalam pelaksanaan tugas di tahun 2022, kami menyadari bahwa masih terdapat kekurangan dalam pelaksanaan tugas Polri, untuk itu saya selaku Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia mengucapkan permohonan maaf terhadap kinerja, perilaku, maupun perkataan anggota Polri yang belum sesuai dengan harapan masyarakat," ucapnya.

Dia memastikan akan terus mengikut semua perkembangan jajaran Polri, baik lewat media online maupun media sosial. Dengan demikian, menurut dia, hal tersebut bisa menjadi refleksi agar Polri bisa menjadi lebih baik lagi.

"Kami selalu mengikuti perkembangan dari media online, media sosial maupun lembaga survei independen sebagai refleksi agar kami bisa menjadi lebih baik. Alhamdulillah hasilnya memerikan semangat dan motivasi bagi kami untuk terus berbuat baik," tuturnya.

Simak selengkapnya Kapolri ungkap penyimpangan anggota menurun di halaman berikutnya.