Wagub DKI Ungkap 1 Pasien Omicron yang Meninggal Warga Jaksel

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 12:28 WIB
Ahmad Riza Patria
Ahmad Riza Patria (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan satu dari dua pasien COVID-19 varian Omicron yang meninggal merupakan warga Jakarta Selatan (Jaksel). Pasien itu disebut mengalami komplikasi dan gangguan pernapasan.

"Satu orang ini warga Pasar Minggu, satu warga Ciputat Tangsel yang meninggal setelah dirujuk dari Wisma Atlet dengan komplikasi gangguan napas," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Senin (24/1/2022).

Riza menuturkan seorang warganya yang meninggal itu sudah divaksinasi COVID-19 dua kali. Sementara satu pasien Omicron yang meninggal lainnya merupakan warga Tangerang Selatan dengan status belum divaksinasi.

"Terus yang satu lagi meninggal di RS di Ciputat Tangsel warga Tangerang Selatan belum vaksin, kalau warga Pasar Minggu sudah vaksinasi dua kali," tuturnya.

Sebelumnya diberitakan, dua orang pasien COVID-19 varian Omicron meninggal dunia. Kemenkes mengatakan dua pasien itu meninggal di RS Sari Asih Ciputat dan di RSPI Sulianti Saroso.

"Satu kasus merupakan transmisi lokal, meninggal di RS Sari Asih Ciputat, dan satu lagi merupakan pelaku perjalanan luar negeri, meninggal di RSPI Sulianti Saroso," kata Nadia kepada wartawan, Sabtu (22/1).

Kemenkes menyebut kedua kasus tersebut merupakan pelaporan fatalitas pertama di Indonesia akibat varian baru yang memiliki daya tular tinggi. Kedua pasien tersebut memiliki komorbid.

Hingga Sabtu (22/1), tercatat 3.205 penambahan kasus baru COVID-19, 627 kasus sembuh, dan 5 kasus meninggal akibat terpapar COVID-19. Kenaikan kasus baru konfirmasi merupakan implikasi dari peningkatan kasus konfirmasi Omicron di Indonesia.

Sejak 15 Desember 2021 hingga saat ini, secara kumulatif tercatat 1.161 kasus konfirmasi Omicron ditemukan di Indonesia.

(dek/mae)