Respek Megawati Ancam Pecat Kader Interupsi SBY, Demokrat Beri Catatan Ini

Eva Safitri - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 10:24 WIB
SBY dan Megawati bersalaman di pemakaman Habibie (BPMI Setpres)
SBY dan Megawati bersalaman (BPMI Setpres)
Jakarta -

Megawati Soekarnoputri ternyata pernah mengancam akan pecat kader yang interupsi di sidang tahunan era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Demokrat mengapresiasi sikap Megawati tersebut.

"Respek dan apresiasi kami kepada sikap Ibu Megawati selaku Presiden RI ke-5 yang selalu berupaya menjaga marwah konstitusi selama ini," kata Kepala Bamkostra Demokrat Herzaky Mahendra Putra kepada wartawan, Senin (24/1/2022).

Herzaky berharap sikap teladan Megawati dapat konsisten untuk menyikapi pihak yang mencoba mengubah konstitusi. Termasuk perpanjangan masa jabatan presiden.

"Konsistensi sikap dan teladan seperti ini kami berharap bisa terus terjaga dan ditunjukkan oleh Ibu Megawati. Apalagi dalam menyikapi upaya pihak-pihak yang mencoba mengubah konstitusi demi kekuasaan semata, dengan tidak lagi membatasi masa jabatan presiden selama dua periode. Padahal pembatasan masa jabatan Presiden merupakan koreksi total dari Orde Baru dan menjadi salah satu amanah utama reformasi," ujarnya.

Herzaky mengatakan sikap yang sama juga diterapkan oleh SBY. Dia mengklaim, SBY teguh menjaga marwah konstitusi baik ucapan dan tindakan.

"Presiden RI ke-6, Bapak SBY, yang juga penggagas berdirinya Partai Demokrat, memiliki keteguhan sikap serupa. Menjaga amanah reformasi dan menjaga marwah konstitusi. Tidak saja dalam ucapan, tetapi juga dalam tindakan nyata," ujarnya.

"Karena itu, Demokrat di bawah kepemimpinan Ketum AHY tetap tegak lurus menjaga marwah konstitusi kita dan menjaga amanah reformasi, di antaranya dengan konsisten menolak dan melawan keras upaya segelintir pihak yang terus mencoba mengubah konstitusi demi menggolkan masa jabatan Presiden tiga periode," ujar Herzaky.

Sebelumnya, sikap Megawati yang ancam pecat kader itu diungkap oleh Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

Eks Sekjen PDIP ini bercerita sikap tegas Megawati terutama terkait konstitusi. Dia mengatakan Megawati bahkan mengancam pemecatan terhadap kader di parlemen yang interupsi ketika sidang tahunan era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Jadi seperti yang saya sampaikan di dalam maupun di luar kekuasaan Bu Mega selalu mengajarkan konstitusi. Bahkan pernah kejadian di tahun 2005 atau 2006 waktu itu teman-teman akan melakukan interupsi pada sidang 17 Agustus pada waktu Presiden menyampaikan nota keuangan. Ibu marah sekali dan memberikan perintah pada waktu itu, saya masih Sekjen, siapa pun yang melakukan interupsi kepada Presiden waktu itu Pak SBY saya akan pecat saat itu juga," kata Pramono dalam acara diskusi HUT Megawati secara virtual, Minggu (23/1).

Simak Video 'Cerita Megawati Pernah Ancam Pecat Kader Interupsi saat Sidang Era SBY':

[Gambas:Video 20detik]

(eva/gbr)