Lurah Klaim Pengungsi Korban Banjir Tegal Alur Jakbar Sudah Pulang

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 10:24 WIB
Kondisi rumah di Tegal Alur usai banjir surut.
Foto: Karin/detikcom
Jakarta -

Banjir sempat menggenangi beberapa RW di wilayah Tegal Alur, Jakarta Barat, selama beberapa hari sudah surut. Lurah Tegal Alur memastikan tak ada lagi warga mengungsi karena banjir.

"Sudah kering semua," ujar Lurah Tegal Alur Suratman Arifianto saat dimintai konfirmasi, Senin (24/1/2022).

Suratman menyebut air sudah surut sejak Minggu (23/1) siang. Warga yang sempat mengungsi di Rusin Lokbin Tegal Alur telah kembali pulang.

"Dari kemarin sore pukul 16.00 WIB (pengungsi) sudah pulang ke rumah semua," katanya.

Diketahui, banjir sempat menggenangi beberapa RW di wilayah Tegal Alur sejak Selasa (18/1) lalu. Wali Kota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko menyebut banjir sulit surut karena beberapa faktor, di antaranya curah hujan tinggi dan air rob.

"Ini karena curah hujan tinggi kemudian air rob yang juga air pasang tinggi sehingga menyebabkan keterlambatan aliran sungai atau Kali Semongol ini sehingga kali ini meluap di beberapa titik di kawasan Tegal Alur," kata Yani di Tegal Alur, Jakarta Barat, Minggu (23/1).

Selain itu, curah hujan yang tinggi pada Selasa (18/1) lalu diketahui di atas rata-rata normal. Curah hujan tersebut 120-170 mm/hari.

"Yang terdampak ini di kawasan tegal alur itu RW 9, RW 3, RW 2, RW 8, RW 11, RW 15, dan RW 1. Semua itu adalah kawasan yang berimpitan dengan Kali Semonggol. Tadi saya katakan bahwa kawasan ini dipengaruhi oleh pasang surut air laut," jelas Yani.

Simak juga 'Data Lengkap Banjir di Jakarta 18 Januari Imbas Hujan Ekstrem':

[Gambas:Video 20detik]

(ain/aik)