Keseringan Nyindir Bikin PSI Dicurigai Jadi Timses Anies

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 08:37 WIB
Hendri Satrio (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Foto: Hendri Satrio (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta -

Pengamat dari Lembaga Survei KedaiKopi, Hendri Satrio heran PSI sering menyindir Gubernur Anies Baswedan. Hendri berkelakar bahwa dia menduga PSI adalah tim sukses Anies Baswedan.

"Saya itu curiga kalau PSI itu sebetulnya bagian dari Tim Sukses Anies deh," ujar Hendri saat dihubungi, Minggu, (23/1/2022).

Hendri menyebut ada tiga alasan dia menyampaikan seperti itu. Pertama, PSI selalu fokus kepada Anies Baswedan.

"Tidak ada Gubernur lain yang dikritik oleh PSI. Sehingga setiap kali PSI mengkritik, apalagi pernah di depan (Presiden) Pak Jokowi akhirnya menjadi viral dan orang-orang membicarakan Anies," kata Hendri.

"Membicarakan Anies Baswedan itu bisa meningkatkan popularitas," ucapnya.

Kemudian, alasan kedua adalah, PSI selalu mengkritik proyek mercusuar Anies Baswedan. Sehingga, orang menjadi tahu perkembangan proyek infrastruktur utama Anies.

"Misal, PSI mengkritik Jakarta International Stadium itu kan bangunan yang bagus banget, udah jadi, udah cek sound sudah mentereng di Jakarta itu dikritik, dan semua orang melihat dia sebagai suatu Monumen pembangunan Anis," kata Hendri.

"Kemudian sumur sapaan yang berhasil mengurangi genangan air di Jakarta. Terus lagi Formula E, bahkan (Ketum PSI) Giring sendiri datang hadir kesana untuk mengecek Formula E bahkan diviral kan," katanya.

Kemudian, alasan ketiga adalah kritik yang disampaikan PSI memiliki momentum yang pas. Sehingga, sindiran PSI kepada Anies Baswedan, menjadi perbincangan yang ramai.

"Momentum yang digunakan oleh Giring dan PSI ini selalu tepat waktunya. Jadi, tidak sedang pada saat itu sedang ramai isu kosong mereka kritik Anies jadi itu," ujarnya.

Selain itu, Hendri pun menduga PSI sedang latihan berpolitik praktis. Dia menemukan lawan yang bisa mendidiknya.


"Atau jangan-jangan PSI sedang latihan kritik, dan gubernur yang bijak memberikan respons, kemudian juga sebagai pendidik-kan aslinya Anies Itu Rektor menteri pendidikan," ucapnya.

"Sebagai pendidik, dia bisa mendidik adek atau anak PSI yang membutuhkan bimbingan partai politik yang belajar politik praktis," ucapnya.

Diketahui, Gubernur DKI Anies Baswedan vs Ketua Umum PSI Giring Ganesha makin panas. Keduanya terlibat saling sindir belakangan ini.

Dirangkum detikcom, Anies-Giring saling berbalas terkait beberapa hal. Dari Formula E, sound system, hingga proyek Jakarta International Stadium (JIS). Simak selengkapnya.

Simak Video 'Balas-membalas Anies Vs Giring Kian Memanas':

[Gambas:Video 20detik]



(aik/imk)