Warga Berkerumun Masuk Alun-alun Kota Depok, Walkot Idris: Kita Evaluasi

Dwi Rahmawati - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 23:22 WIB
Antrian warga masuk alun-alun Kota Depok
Foto: Antrian warga masuk alun-alun Kota Depok
Depok -

Alun-alun Kota Depok di Jalan Boulevard Grand City dipadati warga pada Minggu pagi. Antrian mengular membuat kerumunan di pintu masuk fasilitas publik tersebut.

Menanggapi hal ini, Wali Kota Depok, Mohammad Idris mengatakan akan melakukan evaluasi. Ia menilai keramaian tersebut lantaran pintu masuk masih manual dan terbatas.

"Kita evaluasi lagi, termasuk nanti gate masuknya. Mungkin yang jadi masalah hari ini gate masuk masih manual. Dan juga harus diperbanyak mungkin (supaya) mereka bisa cepat masuknya," ujar Mohammad Idris saat tinjau protokol kesehatan di ITC Depok, Minggu (23/1/2022).

Ia menyebut jika kapasitas di Alun-alun Kota Depok berbanding terbalik dengan antusias warga. Mengingat, pemerintah kota (Pemkot) masih mengikuti aturan PPKM Level 2, yakni kapasitas maksimal 50 persen.

"Ini antara kapasitas alun-alun dengan antusias masyarakat senjang. Antusias masyarakat tinggi sekali untuk tempat-tempat media seperti ini," kata Mohammad Idris.

Lebih lanjut, Pemkot Depok terbuka untuk menambah kapasitas pengunjung khusus di akhir pekan. Seperti diketahui, fasilitas publik ini mampu menampung 1000 pengunjung, tetapi lantaran pandemi tempat dibatasi hanya untuk 500 orang per sesi.

"Kalau memang benar kapasitas lebih dari 1000, akan kita naikkan khusus hari Sabtu dan Minggu," sambungnya.

Penutupan Hari Senin untuk antisipasi

Sebagai langkah preventif, Wali Kota memutuskan untuk menutup tempat tersebut di hari Senin dengan waktu tertentu.

Mulai dari jam 11.00 sampai 13.00 alun-alun akan ditutup untuk pemberlakuan disinfektan.

"Jadi sesi pertama itu selesai jam 11 kita tutup, nggak ada yang masuk lagi, kita semprot. Masuk lagi jam 1 siang, seperti itu sampai menjelang Maghrib," ujarnya.

Bukan hanya itu, seluruh pegawai di Alun-alun Kota Depok juga ditugaskan untuk melakukan pemulihan.

"Hari Senin ditutup untuk melakukan recovery pegawainya, tempatnya, dan disinfektan semuanya," tutup Mohammad Idris.

Sebelumnya ramai video di media sosial, memperlihatkan antrian di pintu utama Alun-alun Kota Depok. Dinarasikan bahwa petugas keamanan memberlakukan sistem buka tutup.

Simak juga 'Wisata Kuliner di Pinggir Danau, Cinere Punya!':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)