Safari Cak Imin di Tanah Jawa: Didukung Nyapres PCNU-Perajin Batik

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 20:35 WIB
Deklarasi dukungan perajin batik tradisional di Kampung Batik Giriloyo, Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul kepada Gus Muhaimin Iskandar untuk menjadi Presiden 2024, Minggu (23/1/2022).
Cak Imin saat mengunjungi perajin batik di Bantul (Foto: Pradito Rida Pertana)
Bantul -

Ketum PKB Muhaimin Iskandar (Cak Imin) sedang getol safari ke tanah Jawa menjaring dukungan buat Nyapres di 2024. Lawatannya ke Jatim dan Yogyakarta nyatanya tak sia-sia.

Safari Cak Imin diawali dengan menghadiri silaturahmi dan konsolidasi di kantor PCNU Banyuwangi, Rabu (19/1). Hadir dalam acara itu sejumlah Gus di wilayah Tapal Kuda dan Banyuwangi.

"Jadi para kiai muda atau para gus di Jawa Timur meminta saya untuk berpartisipasi pada Pilpres tahun 2024," kata Muhaimin kepada detikJatim.

Mendapat dukungan itu, Gus Imin ingin intens bersilaturahmi dengan para gus dan kyai di Jatim. Selama tiga bulan ke depan dirinya akan berkeliling Jatim mengukur potensi dukungan.

"Kami akan berusaha sampai 3 bulan ke depan untuk menghitung dan mengkalkulasi potensi dukungan masyarakat," ungkapnya.

Ketua PCNU Banyuwangi KH. Moh Ali Makki (Gus Makki) yang juga hadir dalam deklarasi itu mengatakan dukungan terhadap Cak Imin merupakan rekomendasi para kyai dan gus di Banyuwangi.

"Ini sebuah langkah awal, setelah melalui kesepakatan para gus-gus. Maka kemudian kita lanjutkan untuk minta pangestu kepada para kiai di Banyuwangi. Kita dipertemukan dalam satu kesepahaman di tahun 2024, kader NU sejak awal diletakkan di partai politik ini kita dukung," kata Gus Makki.

Ia mengklaim Cak Imin merupakan satu-satunya kader NU yang pantas untuk maju dalam Pilpres 2024. Sehingga, ia akan mendukung penuh.

"Kita tidak punya orang lain, kita Bismillah untuk membersamai Gus Muhaimin di tahun 2024 nanti,"pungkasnya.