Perajin Batik di Bantul Deklarasi Dukung Gus Muhaimin Maju Capres 2024

Dea Duta Aulia - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 17:14 WIB
Perajin Batik di Bantul Deklarasi Dukung Gus Muhaimin Maju Capres 2024
Foto: Dok. PKB
Jakarta -

Perajin Batik di Bantul yang tergabung dalam Batik Giriloyo mendukung Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Abdul Muhaimin Iskandar (Gus Muhaimin) maju sebagai calon Presiden 2024 mendatang. Sebagai simbolis wujud dukungan, para perajin batik memberikan seutas kain batik berwarna hijau bertulis 'Gus Muhaimin Presiden 2024'.

Diketahui, deklarasi ini bukan baru pertama kali diterima oleh Gus Muhaimin, sebelumnya, pengrajin UMKM Sidoarjo Nahdliyyin Sidoarjo dan Tokoh Penggerak Kebangkitan Desa juga turut mendorongnya untuk maju di Pilpres 2024.

"Kami pengrajin batik Giriloyo punya satu harapan, satu keinginan untuk Gus Muhaimin. Yaitu ingin dan berharap Gus Muhaimin menjadi Presiden 2024," kata perwakilan dari pengrajin Batik Giriloyo Wasihatun Humaida dalam keterangan tertulis, Minggu (23/1/2022).

Selain mendorong Ketum PKB maju pada Pilpres 2024, menurut Wasihatun, deklarasi tersebut bertujuan untuk memperjuangkan nasib UMKM di Indonesia.

Ia menilai Muhaimin merupakan sosok yang tepat untuk mengisi posisi RI 1 pada 2024 mendatang. Pasalnya, kata dia, Ketum PKB ini turut memperjuangkan nasib para perajin batik di Indonesia secara umum.

"Gus Muhaimin peduli pada kesenian, Gus Muhaimin peduli dengan karya-karya batik. Kami yakin Indonesia akan lebih baik dipimpin Gus Muhaimin," katanya.

Wasihatun menambahkan ada sekitar 1.540 pengrajin batik Giriloyo yang siap memenangkan Gus Muhaimin dalam ajang Pilpres 2024 mendatang. "Selalu semangat Gus, kita selalu mendukung, kita ada di belakang Gus Muhaimin," tambahnya.

Sementara itu, Ketum PKB Muhaimin Iskandar berterima kasih atas deklarasi yang dilakukan oleh para pengrajin batik.

"Saya berterimakasih atas dukungan ini. Deklarasi ini adalah visi kita mewujudkan pemberdayaan ekonomi kreatif. Ini adalah kesempatan membuktikan kepada mereka, pelaku industri dan UMKM untuk dimajukan. Namanya juga aspirasi datang di mana dan kapan saja," ungkapnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan PKB terbuka untuk partai apapun yang ingin berkoalisi. Pihaknya juga tidak segan untuk menjalin komunikasi dengan semua partai.

"Semua kita dekati, Golkar kita dekati, Gerindra kita dekati, semua ya, kita terbuka," pungkasnya.

(akd/ega)