Penyebab Ibu Hamil di Depok Terlilit Utang Rp 1 M Hingga Ingin Jual Ginjal

Dwi Rahmawati - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 15:54 WIB
Ilustrasi Subsidi Bunga
Foto: shutterstock
Jakarta -

Seorang ibu dengan usia kandungan 7 bulan berniat menjual satu ginjalnya demi melunasi utang. Ibu hamil berinisial MM (23) itu menceritakan penyebab utangnya membengkak hingga mencapai Rp 1 miliar.

"Saya terlilit utang, utang sama teman tapi teman ngusulin pakai aplikasi. Makanya bunganya jadi banyak," kata MM saat ditemui detikcom di Mekarjaya. Depok, Minggu (23/1/2022).

"Minjem berapa, dapat berapa, balikin berapa. Bikin gede di situ. Misal saya pinjam Rp 10 juta, terus terima cuma Rp 8 juta, dibalikin-nya belasan juta. Yang bikin membengkak itu di situ," jelas MM.

Dia mengatakan sempat membuka usaha warung kelontong untuk menutup utangnya. Namun, dia berujar tak bisa mengendalikan keuangan lantaran bisnis perdana.

"Jadi saya coba usaha, tapi rugi tapi saya buat menutupi kerugian ini minjem sama teman, itu juga lewat aplikasi. Ada berapa saya terima buat menutupi kerugian. Terus saya pinjam lagi sama teman, buat bayar ke teman saya. Jadi gali lubang tutup lubang," katanya.

MM menceritakan keluarganya merasa tertekan lantaran penagih utang terus berdatangan. Dia mengatakan sempat menjual sejumlah asetnya demi melunasi utang-utang itu.

"Sudah digadaikan semua, motor, surat, nggak ada lagi yang saya punya. Mereka terus mendesak saya stres, mau nggak mau saya harus lunasin. Semakin lama bunga semakin membengkak," lanjutnya.

Menurut dia, keputusan jual ginjal itu juga merupakan hasil kesepakatan antara dirinya dan pemberi utang. Kepada detikcom, MM memperlihatkan surat perjanjian keduanya yang bertulis tangan di atas materai.

Dalam kesepakatan itu tertulis, apabila MM tak bisa menepati janji, maka pemilik dana akan menuntut berdasarkan hukum yang ada di Indonesia.

"Kita ada surat perjanjian saya akan lunasi dengan cara jual ginjal biar mereka yakin. Kalau saya bakal ganti," lanjutnya.

Kemudian, aksi MM tersebut menjadi sorotan setelah niatnya disebarkan oleh sejumlah akun di media sosial.

"Saya coba update di Instagram, Facebook. Saya bilang ingin menjual ginjal karena membutuhkan," kata MM.

(fca/fca)