Ibu Hamil di Depok Ngaku Terlilit Utang Rp 1 M, Siap Jual Ginjal

Dwi Rahmawati - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 12:57 WIB
Counting money
Foto: Getty Images/iStockphoto/Yamtono_Sardi
Jakarta -

Seorang ibu hamil berinisial MM (23) di Depok berniat menjual satu ginjalnya. Aksi itu dia lakukan lantaran mengaku terlilit utang hampir Rp 1 M.

"Saya terlilit utang, utang sama teman tapi teman ngusulin pakai aplikasi. Makanya bunganya jadi banyak. Utang sampai Rp 1 M dalam waktu 3 bulan," ujar MM saat ditemui detikcom di Mekarjaya, Depok, Minggu (23/1/2022).

Dia menceritakan. awalnya sempat membuka bisnis kelontong untuk menutup utang-utangnya. Namun, lanjutnya, dia harus menanggung rugi lantaran kurangnya pengelolaan.

"Jadi saya coba usaha, tapi rugi. Saya buat menutupi kerugian ini minjem sama teman, itu juga lewat aplikasi. Ada berapa saya terima buat menutupi kerugian, terus saya minjem lagi sama teman buat bayar ke teman saya. Jadi gali lobang tutup lobang," kata dia.

Dia sempat disarankan untuk memulai bisnis minyak goreng yang tengah viral. MM mengaku membeli minyak di agen seharga Rp 225 ribu per kartonnya dari hasil meminjam uang ke teman.

"Awalnya diusulin kenapa nggak coba minyak goreng, saya coba minyak goreng, kan. Salahnya saya, saat punya modal gede pas saya minjem sama teman, saya coba nyetok beberapa minyak goreng di rumah. Harganya naik, stok yang menumpuk akhirnya saya jual murah Rp 168 ribu," katanya.

Hal ini kemudian memperparah keuangannya. MM mengatakan dirinya mencoba meminjam uang kembali ke beberapa teman yang direkomendasikan. Alhasil, utang dan bunganya makin membengkak.

"Hampir ratusan orang (yang dipinjam) tapi teman semua. Karena mereka juga dikejar-kejar (rentenir) makannya mereka nekan saya. Sudah tertekan banget, sudah pusing, aset yang saya punya cuma ginjal," kata MM.

"Minjem berapa, dapat berapa, balikin berapa. Bikin gede di situ. Misal saya pinjam Rp 10 juta, terus terima cuma Rp 8 juta, dibalikinnya belasan juta. Yang bikin membengkak itu di situ," pungkasnya.

Kemudian MM pun mengunggah keinginan menjual ginjalnya di media sosial hingga menjadi viral. Dia mengatakan sang suami juga siap menjualnya untuk membayar utang-utang itu.

"Saya bilang ingin menjual ginjal karena membutuhkan. Terus kita ada surat perjanjian saya akan lunasi dengan cara jual ginjal biar mereka yakin. Kalau saya bakal ganti (utang)," kata dia.

"Saya siap jual ginjal, suami saya juga siap. Daripada kelamaan nungguin saya lahiran, suami saya siap. Kalau ada yang mau," imbuhnya.

Simak juga 'Aksi Warga Depok Gerebek Panti Pijat Plus-plus':

[Gambas:Video 20detik]



(fca/fca)