Perbaikan Listrik 2 Kabupaten Bengkulu Imbas SUTT Roboh Selesai Hari Ini

Hery Supandi - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 12:59 WIB
Tower SUTT Roboh, Listrik di 2 Kabupaten Bengkulu Mati
Tower SUTT Roboh, Listrik di 2 Kabupaten Bengkulu Mati (Dok. Istimewa)
Bengkulu -

PLN UP3 Bengkulu tengah mengupayakan perbaikan gangguan listrik di 2 kabupaten imbas robohnya tower SUTT di wilayah Tangjung Sakti. Perbaikan ditargetkan selesai hari ini.

Ada dua kabupaten, yakni Bengkulu Selatan dan Kaur, yang mengalami pemadaman listrik.

"Saat ini semua tim sedang memulihkan kondisi kelistrikan di Pagar Alam-Manna, Bengkulu pasca-robohnya tower SUTT 150 kV No 107 karena longsor. Akibat gangguan penghantar tersebut, 1 Gardu Induk Manna, Bengkulu Selatan, padam dan 2 kabupaten terdampak pemadaman," kata Manager PLN UP3 Bengkulu, Hendra Irawan saat dihubungi Minggu (23/1/2022).

Akibat robohnya tower yang berada di ketinggian 70 meter dari jalan raya ini, sebanyak 616 gardu dan 94.433 pelanggan terkena dampak pemadaman.

"Hari bila tidak ada kendala semua akan kembali normal, karena kita fokuskan perbaikan tower untuk recovery," kata Hendra.

Hendra mengungkapkan, SUTT yang roboh saat ini diganti dengan menggunakan tower emergency, Setelah tower emergency berdiri. Maka selanjutnya tahap penarikan konduktor dan energize.

Sementara itu, Etha, warga Kecamatan Bintuhan, Kabupaten Kaur, mengatakan saat ini telah memasuki hari ketiga tidak mendapatkan aliran listrik, bahkan banyak pekerjaan menjadi terganggu akibat pemadaman ini.

"Mandi aja susah sekarang karena tidak bisa menghidupkan mesin air," keluh Etha.

(mud/mud)