SBY Melukis Lagi Sebulan Usai Operasi Kanker Prostat, Ini Hasilnya

Gibran Maulana Ibrahim - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 11:41 WIB
Momen SBY Saat Masak Kupat Tahu hingga Ngopi Bareng Prabowo
SBY (Dok. Instagram aniyudhoyono).
Jakarta -

Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) sudah menjalani pengobatan kanker prostat di Amerika Serikat (AS). Sebulan di Tanah Air setelah menjalani operasi medis, SBY kembali melukis. Seperti apa lukisan SBY?

"Perlu saya kabarkan kepada para followers Instagram 'Ani Yudhoyono In Memoriam' bahwa sekitar 1 bulan ini saya telah berada kembali di Tanah Air. Alhamdulillah operasi medis yang saya jalankan di Mayo Clinic, Amerika Serikat berhasil dengan baik. Terima kasih atas doa dari para sahabat sekalian," kata SBY dalam Instagram mendiang Ani Yudhoyono, Minggu (23/1/2022).

Ada tiga lukisan yang dipajang SBY di Instagram mendiang Bu Ani. SBY menjelaskan makna dari tiga lukisannya sembari berharap karyanya bisa dinikmati banyak orang.

Ketiga lukisan SBY ini bertemakan pemandangan alam. Lukisannya yang ketiga menggambarkan suasana senja dihiasi salju di tanah.

"Kini saya kembali menggeluti hobi saya melukis. Berikut ini saya persembahkan foto tiga lukisan pemandangan alam yang menggambarkan suasana musim gugur dan musim dingin, sebagaimana yang saya rasakan ketika menjalani medical treatment di Rochester, Minnesota," kata SBY.

"Semoga para sahabat bisa menikmati 3 karya saya tersebut. Saya berdoa agar kita semua selalu berada dalam keadaan sehat. Terima kasih. Salam," ujar pendiri Partai Demokrat itu.

Diketahui sebelumnya, SBY sudah menjalani masa pemulihan setelah operasi pengangkatan kanker prostat di Mayo Clinic, Amerika Serikat. SBY mengatakan dia mengambil risiko besar untuk menjalani operasi.

"Apa yang saya alami ini sesuai dengan perkiraan bagi siapapun yang menjalani operasi pengangkatan kanker prostat yang dideritanya. Operasi besar yang saya jalani ini tentu memiliki sejumlah risiko, saya tahu dan pada usia saya yang ke-72 tahun ini, risiko itu bertambah besar," kata SBY di Mayo Clinic, Rochester, Minnesota, seperti dalam video yang diunggah di akun Instagram @aniyudhoyono seperti dilihat detikcom, Selasa (23/11/2021).

SBY mengatakan dia memutuskan mengambil risiko itu setelah berkonsultasi dengan tim dokter. SBY mengatakan operasi pengangkatan kanker prostat itulah yang paling tepat.

"Namun saya sudah mengambil keputusan dan telah berkonsultasi dengan tim dokter Indonesia utamanya tim dokter kepresidenan yang merawat kesehatan presiden, wakil presiden serta mantan-mantan presiden dan wakil presiden bahwa tindakan operasi inilah yang menurut saya untuk kondisi saya, paling tepat," katanya.

Simak juga 'Prabowo Bertemu SBY, Gerindra: Mungkin Juga Bahas Politik, Mendekati Pemilu':

[Gambas:Video 20detik]



(gbr/imk)