Banjir di Tegal Alur Surut, Warga Mulai Bersih-bersih Sisa Sampah

Karin Nur Secha - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 10:29 WIB
Warga Mulai Bersih-bersih Sisa Sampah
Warga Mulai Bersih-bersih Rumah (Karin/detikcom)
Jakarta -

Banjir di wilayah Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar), sudah surut total. Warga pun mulai bersih-bersih wilayah tersebut dari sisa sampah bekas banjir.

Pantauan pukul 09.20 WIB di RW 11, Tegal Alur, Jakarta Barat, ramai petugas melakukan bersih-bersih di lingkungan rumah warga. Petugas-petugas tersebut merupakan gabungan dari 3 pilar, Satpol PP, pasukan kuning, pasukan hijau dan pasukan biru.

Mereka terlihat membersihkan selokan di rumah warga. Selain itu, mereka membawa sampah-sampah bekas banjir. Kegiatan ini dilakukan sejak pukul 07.00 WIB. Nantinya petugas akan menyusuri titik-titik yang sudah tidak terjadi banjir.

Terlihat lebih dari 40 petugas gabungan dikerahkan. Di lokasi ini juga dilakukan penyemprotan disinfektan. Penyemprotan dilakukan dari atas mobil PMI. Petugas yang bertugas juga menggunakan APD lengkap.

Saat ini sudah tidak lagi terlihat genangan ataupun banjir di lokasi ini. Baik di jalan umum maupun sudut-sudut gang rumah warga sudah kering total.

Diberitakan sebelumnya, banjir yang menggenangi wilayah Tegal Alur berangsur-angsur surut. Kendati demikian, tiga RT lainnya masih terendam.

"Sudah surut semua. Soalnya sudah dilakukan penyedotan di RT 01 RW 03 sama RT 02 RW 13. Jadi kita hadirkan Gulkarmat, Sudin Tata Air, PPSU gerak terus," kata Lurah Tegal Alur, Suratman Arifianto.

Namun beberapa lokasi lain, seperti RT 15, masih terendam banjir setinggi sekitar 40 cm. Selain itu, di RT 01 masih ada genangan air setinggi kurang-lebih 5 cm.

Menurut Suratman, genangan air masih ditemukan di wilayah RW 03, yakni di RT 01, RT 03, dan RT 15 . Dia mengatakan hal ini diperparah dengan naiknya air rob.

(ain/idn)