Mantan Ajudan Jokowi Brigjen Widi Prasetijono Ditunjuk Jadi Danjen Kopassus

Farih Maulana Sidik - detikNews
Minggu, 23 Jan 2022 08:16 WIB
Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggelar HUT ke-63 di Makopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (29/4/2015). Yang menarik, selain keluarga besar Kopassus, diundang juga para tokoh eks OPM dan GAM, organisasi yang pernah berseberangan dengan pemerintah Indonesia. Prajurit Kopassus mengibarkan bendera merah putih. Rengga Sancaya/detikcom.
Kopassus (Foto: Rengga Sancaya)
Jakarta -

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Brigjen TNI Widi Prasetijono sebagai Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) yang baru. Dia menggantikan Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa yang ditunjuk sebagai Pandam XVII/Cendrawasih.

Keputusan itu tertuang dalam surat Keputusan (SK) Panglima TNI Nomor Kep/66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang diteken Andika pada Jumat, 21 Januari 2022. Adanya pergantian di kursi jabatan Danjen Kopassus ini juga dibenarkan oleh Kapuspen TNI Mayjen Prantara Santosa.

"Betul," kata Prantara kepada detikcom, Minggu (23/1/2022).

Dalam SK itu juga, posisi Pangkostrad kini diisi Mayjen Maruli Simanjuntak menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman yang naik jabatan menjadi KSAD. Untuk posisi Wakasad kini diisi Mayjen Agus Subiyanto yang menggantikan posisi Letjen Bakti Agus Fadjari yang diangkat menjadi Komandan Jenderal Akademi TNI.

Brigjen TNI Widi Prasetijono sebelumnya menjabat sebagai Kasdam IV/Diponogoro. Dia juga merupakan mantan ajudan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain itu, Widi Prasetejiono yang merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1993 itu juga pernah menjabat sebagai Komandan Kodim 0735/Surakarta, tempat Jokowi pernah menjadi wali kota. Dia juga pernah menjadi Danton Grup 2 Kopassus di Kandang Menjangan, Kartasura, pada 1995.

Simak juga 'Mayjen Untung Jadi Pangdam Jaya, Ortu Korban Penculikan: Kami Diinjak!':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/imk)