Pasien Omicron Pertama di Sulsel Terdeteksi, Warga Takalar dari Maluku

Hermawan Mappiwali - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 19:47 WIB
Jumlah Kasus Omicron di Indonesia ada 47 Kasus, Ini 3 Faktanya
Ilustrasi Omicron Sulsel. (BBC Magazine)
Makassar -

Satgas COVID-19 Sulawesi Selatan (Sulsel) melaporkan kasus varian Omicron pertama di Sulsel. Kasus ini dialami seorang warga Kabupaten Takalar bernama Nawir (27).

"Ini kasus pertama yang memang ada hasilnya dari Litbangkes," kata Plt Kadinkes Sulsel Arman Bausat kepada detikcom, Sabtu (22/1/2022).

Nawir sebelumnya bekerja di perusahaan telur ikan di Dobo, Kepulauan Aru, Maluku. Pasien tersebut baru saja pulang ke Takalar pada 5 Oktober 2021.

Pada November 2021, Nawir dilaporkan berobat ke Puskesmas Bontomarannu, Kabupaten Takalar, atas keluhan dyspepsia. Saat itu Nawir hanya berobat jalan.

Hingga pada awal Desember 2021, Nawir tak kunjung pulih, bahkan mengeluhkan lemas dan sesak napas.

Karena kondisinya memburuk, Nawir dirawat inap di RSUD Padjonga Dg Ngalle melalui IGD dengan keluhan sesak napas dan batuk.

"Diagnosis awal, pasien menderita dyspneu TB paru on treatment hingga diisolasi," kata Arman.

Memasuki Januari 2022, petugas melakukan tes swab kepada Nawir hingga dinyatakan positif COVID-19. Dinkes Sulsel mendalami kasus Nawir dengan mengirimkan sampel ke Litbangkes Jakarta.

"Hasilnya dinyatakan positif COVID-19 varian Omicron," ungkap Arman.

Kini, Nawir diisolasi Satgas COVID-19 di RSUD Takalar. Petugas juga mendalami kemungkinan kerabat dan tetangga pasien ikut tertular varian Omicron.

(hmw/nvl)