Banjir di Tegal Alur Jakbar Mulai Surut, 3 RT Masih Tergenang

Wildan Noviansah - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 19:46 WIB
Banjir yang menggenangi wilayah Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar) berangsur-angsur surut. Kendati demikian, tiga RT lainnya masih menggenang. (Wildan N/detikcom)
Banjir yang menggenangi wilayah Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar) berangsur-angsur surut. Kendati demikian, tiga RT lainnya masih tergenang. (Wildan N/detikcom)
Jakarta -

Banjir yang menggenangi wilayah Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar), berangsur-angsur surut. Kendati demikian, tiga RT lainnya masih tergenang.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 18.20 WIB, Sabtu (22/1/2022), tampak genangan air sudah surut. Tampak warga sudah menjalani aktivitasnya dengan normal.

"Sudah surut semua. Soalnya, sudah dilakukan penyedotan di RT 01 RW 03 sama RT 02 RW 13. Jadi kita hadirkan Gulkarmat, Sudin Tata Air, PPSU gerak terus," kata Lurah Tegal Alur Suratman Arifianto saat ditemui, Sabtu (22/1/2022).

Namun, di beberapa lokasi lain, seperti RT 15, masih tergenang banjir setinggi sekitar 40 cm. Selain itu, di RT 01 juga masih ada genangan air banjir setinggi kurang-lebih 5 cm.

Menurut Suratman, genangan air masih ditemukan di wilayah RW 03, yakni di RT 01, RT 03, dan RT 15 . Dia mengatakan hal ini diperparah oleh naiknya air rob.

"Tinggal tiga RT lagi, RT 15 RW 03, RT 03 RW 03, sama RT 01 RW 03. Karena ini kan kena rob, kan ini pinggiran Kali Semongol. Tadi terjadi kenaikan lagi karena rob, di sini tidak ada hujan pun banjir," kata dia.

Banjir yang menggenangi wilayah Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar) berangsur-angsur surut. Kendati demikian, tiga RT lainnya masih menggenang. (Wildan N/detikcom)Kondisi banjir di RT 15 RW 03 Tegal Alur, Kalideres, Jakarta Barat (Jakbar) (Wildan N/detikcom)

Lebih lanjut, Suratman mengatakan pada Minggu (23/1) besok pihaknya akan menggelar operasi untuk membereskan lumpur bekerja sama dengan beberapa pihak. Selain itu, untuk mengatasi daerah yang masih tergenang, disiapkan juga pompa air.

"Kita besok pun akan kolaborasikan kerja bakti massal, tingkat kota. Pak Wali juga hadir bersama asisten dan Kasudin, hadir di sini jam 07.00 WIB," kata dia.

"Meskipun tiap hari dibersihkan PPSU, kan sampah tetap saja, kita juga akan lakukan Gerebek Lumpur, untuk membersihkan lumpur. Pompa air juga sudah kita sediakan," imbuhnya.

Diketahui, banjir di wilayah Tegal Alur sudah terjadi sekitar lima hari atau sejak Selasa (18/1).

(jbr/jbr)