Cerita Pilu di Balik Makam Mendiang Upin & Ipin di Palu Sulteng

M Qadri - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 17:14 WIB
Makam Upin Ipin yang viral di Kota Palu
Makam Upin Ipin yang viral di Palu, Sulteng. (Mohammad Qadri/detikcom)
Palu -

Hikma (48), warga Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), mengungkap cerita pilu mendiang anaknya Upin dan Ipin yang makamnya viral belum lama ini. Hikma menyebut kedua putranya itu memiliki usia yang sangat singkat.

"Yang pertama (Upin) umur 2 minggu saja meninggal," ujar Hikma mengenang kisah putranya saat ditemui detikcom, Jumat (21/1/2022).

Hikma mengatakan Upin saat itu tiba-tiba demam pada Agustus 1995. Kondisi tersebut terus memburuk hingga Upin dinyatakan meninggal saat baru berusia dua pekan.

Kemudian, pada April 1996, putra kedua Hikma lahir. Namun kondisi serupa terjadi, putra kedua yang belakangan diberi nama Ipin itu juga meninggal karena demam.

"Yang pertama umur 2 minggu saja dia meninggal. Yang Adik cuma tiga hari. Dia sakit, panas-dingin, demam. Adiknya juga sama," tutur Hikma.

Kenyataan pahit yang dialami Hikma ini tak sampai di situ. Ibu Upin dan Ipin, Marlina, meninggal dunia beberapa tahun kemudian.

"(Nama ibunya) Marlina, almarhumah. Dia meninggal 1999," kata Hikma.

Meski Upin meninggal pada Agustus 1995 dan Ipin meninggal pada April 1996, nisan di makam kedua bayi itu baru diberi nama pada 2016. Sebelum itu, Hikma tidak memberikan nama kepada dua mendiang bayinya.

Hikma mengakui nama Upin dan Ipin itu terinspirasi dari animasi Malaysia yang memiliki tokoh utama saudara kembar Upin dan Ipin.

"Pas ada rezeki, 2016 baru kita perbaiki (makamnya). Waktu itu kan belum ada nama, pada waktu itu sudah ada film Upin Ipin. Jadi kita kasi nama Upin Ipin saja," kata Hikma.

Soal makam putranya yang viral, Hikma mengaku baru menyadarinya saat sejumlah awak media meminta konfirmasinya. Karena makam putranya viral, dia berharap masyarakat untuk mengirimkan doa.

"Kalau saya minta doa saja kan kepada masyarakat, yang penting jangan saling merugikan," kata Hikma.

Simak Video: Pihak Upin & Ipin Bantah Rumor soal Kematian dan Ide Asal Cerita

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/nvl)