Ayah Upin & Ipin Akui Makam Viral di Palu Terinspirasi Animasi Malaysia

Mohammad Qadri - detikNews
Sabtu, 22 Jan 2022 10:26 WIB
Makam Upin Ipin yang viral di Kota Palu
Makam Upin dan Ipin yang viral di Palu, Sulteng (Mohammad Qadri/detikcom)
Palu -

Hikma (48), ayah mendiang Upin dan Ipin di Kota Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng), angkat bicara soal makam kedua putranya yang viral. Hikma mengatakan nama kedua putranya memang terinspirasi dari tokoh utama serial animasi Upin dan Ipin Malaysia.

Hikma mengatakan kedua putranya memang meninggal pada 1995 dan 1996. Namun nama Upin dan Ipin baru diberikan pada 2016.

"Pas ada rezeki, 2016 baru kita perbaiki (makamnya). Waktu itu kan belum ada nama, pada waktu itu sudah ada film Upin Ipin. Jadi kita kasih nama Upin Ipin saja," kata Hikma saat berbincang dengan detikcom, Jumat (21/1/2022).

Meski memiliki nama Upin dan Ipin, Hikma menegaskan putranya tidak kembar seperti dua tokoh utama animasi Upin dan Ipin. Tapi dia mengamini jarak kelahiran kedua putranya itu berdekatan.

"Yang namanya Upin lahir Agustus 1995, sementara yang namanya Ipin lahir April 1996," katanya.

Terkait makam kedua putranya yang viral, Hikma mengaku sebelumnya tak mengetahui. Dia baru menyadari saat sejumlah awak media meminta penjelasannya terkait asal-usul nama Upin dan Ipin yang viral di media sosial.

Karena itu, Hikma berharap orang-orang mendoakan kedua almarhum putranya. Dia juga berharap tak ada yang dirugikan atas viralnya nama kedua almarhum putranya.

"Kalau saya, minta doa saja kan kepada masyarakat. Yang penting jangan saling merugikan," kata Hikma.

Diberitakan sebelumnya, dua makam dengan nama Upin dan Ipin tertera pada nisannya di Kota Palu, Sulteng, viral di media sosial. Di video viral dinarasikan ternyata makam Upin Ipin ada di Palu, bukan di Malaysia, yang merujuk pada animasi Upin dan Ipin.

Narasi tersebut sempat memunculkan anggapan bahwa animasi Upin dan Ipin terinspirasi dari Upin dan Ipin di Palu. Hal ini membuat pihak pembuat animasi, Les Copaque, memberi klarifikasi.

Dalam klarifikasinya, Les Copaque menegaskan ide cerita Upin dan Ipin berasal dari Hajah Ainon, pengisi suara Opah, dan Haji Burhanuddin, pengisi suara Tok Dalang sekaligus Pengarah Urusan Les' Copaque Production.

"Beliau juga turut berkongsi pengalaman beliau dibesarkan di kampung di dalam siri Upin & Ipin," kata Les Copaque dalam klarifikasinya.

Les Copaque juga menjelaskan kenapa dibuat cerita Upin Ipin yatim dan botak. Hal itu semata untuk memudahkan cerita dan proses animasi karena keterbatasan anggaran dan SDM animator.

Simak juga Video: Pihak Upin & Ipin Bantah Rumor soal Kematian dan Ide Asal Cerita

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/nvl)