Wagub Harap Jakarta Jadi Pusat Ekonomi-Kesehatan Usai Ibu Kota Pindah

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 23:02 WIB
Ahmad Riza Patria
Wagub DKI, Ahmad Riza Patria (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menyambut baik rencana pemerintah memindahkan Ibu Kota Negara ke Kalimantan Timur. Riza berharap, setelah ibu kota pindah, Jakarta tetap menjadi pusat ekonomi hingga kesehatan.

"Memang Pak Jokowi sendiri pernah menyampaikan ke depan Jakarta bisa menjadi pusat perekonomian ke depan, tentu kami menyambut baik dan senang ada penegasan, penekanan dan pendapat dari bapak Presiden, itulah harapan kami warga Jakarta," kata Riza di Balai Kota Jakarta, Jumat (21/1/2022) malam.

"Bahwa sekalipun Jakarta tidak menjadi ibu kota, kita berharap Jakarta bisa menjadi pusat perekonomian, pusat perdagangan, pusat pendidikan pusat kesehatan, dan mungkin pusat-pusat yang lain, termasuk pusat seni budaya," lanjutnya.

Riza menuturkan pihaknya masih mendiskusikan lebih lanjut nasib Jakarta. Dia menyebut diskusi melibatkan para pakar dan ahli.

"Kami masih di internal mempersiapkan draf konsep, dan nanti akan mengajak para pakar para ahli untuk berdialog, dan kami persilakan para ahli, pakar, siapa saja mempunyai pendapat sampaikan kita diskusikan bersama-sama, ini kota Jakarta milik kita bersama nanti kita rumuskan bersama, dan kita perjuangkan yang terbaik untuk kepentingan masyarakat banyak," ujarnya.

Seperti diketahui, RUU IKN telah disahkan oleh DPR menjadi UU. Pengesahan RUU IKN menjadi UU dilakukan dalam rapat paripurna ke-13 DPR masa sidang 2021-2022.

Rapat paripurna pengesahan RUU IKN digelar di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (18/1). Rapat dipimpin Ketua DPR Puan Maharani, didampingi empat Wakil Ketua DPR, yakni Sufmi Dasco Ahmad, Rachmat Gobel, Lodewijk Paulus, dan Muhaimin Iskandar.

Ibu kota negara akan dipindahkan ke Kalimantan Timur pada 2024. Ibu kota baru diberi nama Nusantara.

(dek/zap)