Zona Merah Omicron Bikin Micro-lockdown 5 Kecamatan di Jakarta

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 20:37 WIB
Micro-lockdown diterapkan di RW 02, Krukut, Tamansari, Jakarta Barat, usai 36 warganya positif COVID-19, satu di antaranya dilaporkan suspek varian Omicron.
Foto ilustrasi zona merah di Jakarta. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA)
Jakarta -

Lima kecamatan di DKI Jakarta masuk zona merah kasus COVID-19 varian Omicron. Status zona merah ini pun memaksa Pemprov DKI menerapkan micro-lockdown.

Sebagaimana diketahui, DKI Jakarta menjadi provinsi paling banyak yang menyumbang kasus Omicron. Dinas Kesehatan DKI Jakarta mencatat total kasus Omicron di Ibu Kota mencapai 988 orang, 663 di antaranya pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dan 325 lainnya transmisi lokal.

Merujuk pada laporan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yang diterima detikcom, Rabu (19/1), pasien Omicron DKI Jakarta menyebar ke beberapa wilayah. Ada lima daerah yang dikategorikan berwarna merah oleh Kemenkes berdasarkan data yang dihimpun Minggu (15/1).

Daerah dengan kategori merah mencatat lebih dari delapan pasien Omicron ialah Kalideres, Kebon Jeruk, Kebayoran Baru, Kecamatan Cilandak, dan Senen.

Sementara itu, wilayah kuning melaporkan 1-7 pasien Omicron. Ada beberapa wilayah yang masih berstatus hijau, seperti Menteng, Pulo Gadung, Pancoran, Kramat Jati, hingga Ciracas.

Daerah dengan status hijau menandakan belum melaporkan satu pun kasus Omicron. Perlu diketahui, ini adalah data yang dihimpun Kemenkes RI hingga Minggu (15/1). Belum ada laporan data yang diperbarui terkait kategori warna setiap wilayah setelah DKI mencatat lebih dari 900 pasien Omicron.

Artinya, bisa saja wilayah yang semula berada di kategori hijau, sudah berubah menjadi kuning atau kategori kuning naik ke 'zona' merah.

Lihat juga video 'Waspada Omicron, Epidemiolog Imbau Anak Sekolah di Rumah hingga Maret':

[Gambas:Video 20detik]