Bobby Nasution Sesalkan Dokter Suntik Vaksin Kosong ke Siswa SD di Medan

Datuk Haris Molana - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 20:07 WIB
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Datuk-detikcom)
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Datuk/detikcom)
Medan -

Wali Kota Medan Bobby Nasution angkat bicara terkait vaksin diduga kosong yang disuntikkan ke siswa SD di Medan Labuhan, Medan. Bobby pun meminta semua pihak yang ikut andil bertanggung jawab atas persoalan itu.

"Ingin saya sampaikan, kita semua menyayangkan apa yang terjadi dalam vaksinasi anak 6-11 tahun yang dilaksanakan di sekolah di daerah Medan Labuhan," kata Bobby kepada wartawan, Jumat (21/1/2022).

Bobby mengaku sudah mendapat informasi dari Kadis Kesehatan Medan terkait kejadian tersebut. Bobby menyatakan Pemkot Medan siap bertanggung jawab jika kelalaian ada di pihaknya.

"Pemkot siap bertanggung jawab apabila yang melakukan kami, bukan buang bola, bukan tidak bertanggung jawab namun apabila kami yang melakukan kami siap. Itu yang saya tanya ke Kadiskes apakah ada dari puskesmas yang melaksanakan atau pegawai Pemko dan sudah dijelaskan, kalau dilakukan Pemko kami bertanggung jawab," ujar Bobby.

Bobby meminta semua pihak bertanggung jawab. Dia pun meminta, jika vaksinasi dilakukan tanpa vaksin, vaksin itu harus dijelaskan dibawa ke mana.

"Kami meminta selain dokter dan perawat yang menyuntikkan, penanggung jawabnya harus ikut serta bertanggung jawab karena nanti pertanyaan berikutnya, kalau memang dosisnya tidak ada, ke mana dosis yang tidak disuntik ini harus dijelaskan. Penanggung jawab kegiatan harus bertanggung jawab, ini yang kami sarankan," sebut Bobby.

Selanjutnya, Bobby juga mengatakan dirinya telah berkomunikasi dengan Kapolda Sumut. Dia meminta proses pemeriksaan berjalan lurus.

"Saat ini sedang diperiksa baik dokter dan perawatnya di Polres Belawan. Saya sudah berkomunikasi minta tolong Kapolda untuk bisa melihat bagaimana pemeriksaan ini berjalan selurus-lurusnya," ujar Bobby.

Selain itu, Bobby telah berkomunikasi dengan IDI dan PDUI untuk memberikan masukan dan pandangan. Dia meminta agar mereka diberi sanksi.

Simak juga video 'Viral Suntik Vaksin Covid-19 Kosong di Medan, Menkes: Ya Berdosa Lah!':

[Gambas:Video 20detik]