Tragis Wanita Dibakar Suami di Sumsel hingga Berakhir Meninggal

Prima Syahbana - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 18:32 WIB
Ilustrasi jenazah
Ilustrasi (Foto: Thinkstock)
Musi Rawas -

Nasib tragis dialami Nabilah alias Dila (50), istri yang dibakar suaminya, Ahmad Riyanto alias Ririn (35), di Musi Rawas, Sumatera Selatan (Sumsel). Sempat dirawat intensif, Dila akhirnya meninggal.

"Iya benar, korban meninggal dunia," kata Kapolres Musi Rawas AKBP Achmad Gusti Hartono ketika dimintai konfirmasi detikcom, Jumat (21/1/2022) sore.

Menurut Achmad, kabar duka tersebut didapat dari pihak rumah sakit bahwa korban yang memiliki nama lengkap Fatimah itu meninggal dunia sekitar pukul 13.00 WIB.

"Kita mendapat kabar korban meninggal tadi siang, habis Jumatan," kata Achmad.

Mendapat kabar tersebut, sambungnya, saat ini anggota Polres Musi Rawas tengah menuju rumah duka untuk memastikan korban disemayamkan di mana dan kapan akan dikebumikan. Meski demikian, Achmad mengaku proses hukum terhadap Ririn tetap berlanjut.

"Anggota sedang menuju ke rumah duka untuk memastikan korban disemayamkan di mana dan kapan akan dikebumikan," jelas Kapolres.

"Iya, proses hukum terhadap tersangka tetap berlanjut. Pasal yang kita kenakan tetap sama, terkait KDRT itulah," tutupnya.

Diketahui, Dila mengalami luka bakar 80 persen dan sempat menjalani perawatan intensif hingga hari ini di rumah sakit Lubuk Linggau akibat sengaja dibakar suaminya, Ririn, pakai bensin.

Sebelumnya, kepada polisi, Ririn mengaku perbuatan itu dia lakukan karena emosional usai dibentak korban dan ancamannya malah ditantang balik sang istri.

"Kejadian itu berawal dari cekcok mulut masalah untuk dagang besoknya. Karena uang untuk pembelian sayur (dagangan) itu di tangan istri saya (korban). Dia bentak saya terus, saat saya minta uang itu. Karena saya kesal, saya ancam mau bakar dia, terus dia malah menantang saya dengan mengatakan 'bakarlah nah'," kata Ririn kepada polisi, Jumat (21/1/2022).

Karena merasa tertantang, kata Ririn, kemudian dia meninggalkan rumah untuk membeli bensin. Di perjalanan, pelaku mengaku sudah membulatkan tekad membakar istrinya menggunakan bensin tersebut.

"Saya kabur ke kebun, nah waktu di kebun saya baru terasa penyesalan dan berencana mengantarkan istri saya ke rumah sakit, tapi saya ditangkap polisi," jelasnya.

Sementara itu, Kepolisian Polres Musi Rawas membenarkan pengakuan Ririn tersebut. Akibat perbuatannya, Ririn, yang sudah jadi tersangka KDRT, kini ditahan untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

"Iya benar, itu pengakuan tersangka saat diamankan. Tersangka kini di tahan dan dikenakan tentang tindakan pidana kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) ancaman hukuman 10 tahun penjara," kata Kasat Reskrim Polres Musi Rawas melalui KBO Satreskrim, Iptu Imam, ketika dimintai konfirmasi detikcom.

Kejadian suami bakar istri pakai bensin tersebut terjadi di dapur kediaman korban di kawasan Tugu Mulyo, Musi Rawas, Selasa (18/1), sekitar pukul 11.30 WIB. Tak lama kemudian, pelaku ditangkap polisi.

"Iya benar, korban dibakar dengan cara disiram pakai bensin oleh suaminya hingga mengalami luka bakar 80 persen. Suaminya sudah kita tangkap," kata Kasat Reskrim Polres Musi Rawas AKP Dedi Rahmad ketika dimintai konfirmasi detikcom, Rabu (19/1/2022).

Setelah kejadian, kata Dedi, korban dilarikan warga sekitar ke Rumah Sakit Siti Aisyah, Lubuklinggau, karena mengalami luka bakar serius di sekujur tubuhnya. Mendapat informasi tersebut, polisi mendatangi korban untuk menggali informasi dan menangkap pelaku yang melarikan diri ke kebun tanpa perlawanan.

"Pelaku, yang merupakan suami korban, sudah kita tangkap tanpa perlawanan. Dia mengakui peristiwa itu terjadi karena dia kesal tak diberi istrinya uang. Pelaku tetap kita proses dan kita lakukan penahanan sesuai hukum yang berlaku. Sementara terkait korban, kita minta bantuan ke Dinas Sosial," jelas Dedi.

(mud/mud)