Tol Priok Arah Pluit Macet 15 Km Imbas Truk Kontainer Kecelakaan!

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 18:17 WIB
Kota Lagos, Nigeria
Ilustrasi kemacetan. (Dok. CNN)
Jakarta -

Kemacetan panjang terjadi di Jalan Tol Tanjung Priok ke arah Pluit, Jakarta Utara (Jakut). Kemacetan terjadi imbas dua truk kontainer mengalami kecelakaan, di mana peti kemasnya terjatuh hingga menutup satu lajur.

"Di Km 23 imbas kepadatannya karena ada kecelakaan dua kendaraan trailer bermuatan kontainer. Jadi satu kontainer ini peti kemasnya jatuh, jadi terguling di jalur menutup 1 lajur," ujar petugas sentra komunikasi Citra Marga, Basri, saat dihubungi, Jumat (21/1/2022).

"Dua kontainer bertabrakan. Jadi 1 kontainer peti kemasnya jatuh. Untung tidak ada korban. Ditabrak dari belakang. Jatuh peti kemasnya, menutup sebagian bahu jalan. Jadi agak terhambat yang ke arah Pluit-nya," sambungnya.

Basri mengatakan kecelakaan itu terjadi sekitar pukul 14.15 WIB. Hingga saat ini, petugas masih melakukan evakuasi di lokasi.

Basri menyebut proses evakuasi baru dimulai. Menurutnya, evakuasi memakan waktu 2-3 jam.

"Ini kejadian tadi jam 14.15. Saat ini pukul 17.43 sedang tahap proses evakuasi. Kebetulan crane-nya baru tiba, baru proses pengangkatan. Kemungkinan butuh waktu 2-3 jam lagi untuk pengangkatan," tuturnya.

Basri menjelaskan peti kemas yang jatuh dari kontainer menutup hampir satu lajur di Km 23+600 Tol Tanjung Priok arah Pluit. Alhasil, kemacetan sepanjang 15 km pun terjadi.

"Untuk saat ini kalau ditotal kemacetannya dari Km 23, kurang-lebih 15 km. Yang ke arah Pluit. Jadi setelah Km 23 sampai Pluit lancar," ucap Basri.

Sementara itu, Basri mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Driver truk kontainer yang mengalami kecelakaan hanya luka-luka ringan.

Berdasarkan pantauan di aplikasi Google Maps, terpantau kemacetan panjang di Tol Tanjung Priok. Hal tersebut terlihat dari warna jalur merah pekat yang ada di bagian utara kota Jakarta.

(drg/fjp)