Tinjau Vaksinasi Riau, Mendagri Tak Mau Siswa 'Melambat' karena Belajar Daring

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 18:07 WIB
Mendagri Tito Karnavian Tinjau Vaksinasi di Riau
Mendagri Tito Karnavian meninjau vaksinasi di Riau. (Raja/detikcom)
Pekanbaru -

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian berkunjung ke Pekanbaru, Riau. Dalam kunjungannya, Tito melihat kegiatan percepatan vaksinasi COVID-19.

Saat kunjungan 'Vaksinasi Merdeka Anak' di SD Negeri 36 Pekanbaru, Tito meminta percepatan vaksinasi seluruh masyarakat terus digesa. Sebab, vaksinasi akan memberi kekebalan tubuh saat terserang virus COVID-19.

Tito menyebut ada tiga prioritas yang harus dilakukan dalam pelaksanaan vaksinasi di Bumi Lancang Kuning. Ketiganya terkait percepatan vaksin booster, lansia, hingga vaksin anak.

"Kita ada tiga yang harus dikerjakan, vaksin booster yang ketiga. Meskipun pertama dan kedua sudah cukup bagus di Riau, tapi yang ketiga perlu," kata Tito, Jumat (21/1/2022).

Selain itu, vaksinasi terhadap lanjut usia atau lansia juga harus dikebut. Sebab, lansia dinilai salah satu golongan cukup rentan terpapar.

"Kedua, bagi lansia. Meskipun (angka vaksinasi) sudah cukup tinggi, untuk lansia juga harus door to door. Ketiga adalah yang anak-anak. Kenapa, ya supaya juga bisa mendorong belajar tatap muka," katanya.

Mantan Kapolri itu khawatir nantinya siswa jadi tak cerdas karena kerap belajar daring. Bahkan kurang pengetahuan karena kurang belajar tatap muka.

"Kalau kita daring terus, beda dengan tatap muka. Kita tidak ingin anak-anak kita melambat, kurang cerdas, kurang pengetahuan karena metodenya hanya mengandalkan daring dikarenakan potensi penularan," imbuhnya didampingi Gubernur Riau Syamsuar dan Kapolda Irjen M Iqbal.

Terakhir, Tito meminta masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan. Ia minta masyarakat tidak lengah dan tetap waspada dengan varian baru Omicron.

(ras/knv)