Truk Tronton Maut di Simpang Rapak Balikpapan Bawa Kontainer 20 Ton

Hermawan Mappiwali - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 11:14 WIB
Rekaman CCTV detik-detik kecelakaan maut truk tronton tabrak sejumlah pengendara di Balikpapan, Kaltim. (dok. Istimewa)
Rekaman CCTV detik-detik kecelakaan maut truk tronton menabrak sejumlah pengendara di Balikpapan, Kaltim. (Foto: dok. Istimewa)
Balikpapan -

Truk tronton yang mengalami kecelakaan maut dengan menabrak sejumlah pengendara di Simpang Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur (Kaltim), diketahui membawa kontainer seberat 20 ton. Kontainer tersebut berisi kapur pembersih.

"Truk tronton muatan kontainer 20 feet yang berisikan kapur pembersih air dengan berat 20 ton," kata Kabid Humas Polda Kaltim Kombes Yusuf Sutejo, Jumat (21/1/2022).

Menurut Yusuf, sopir truk tronton M Ali (47) sudah mencoba mengurangi kecepatan dengan menurunkan gigi persneling karena remnya tak berfungsi. Namun upaya itu tak berdampak lantaran truk terus melaju menyeruduk para pengendara di lampu merah simpang Muara Rapak.

"Dia sudah kurangi gigi kecepatannya. Tapi karena bebannya terlalu berat, sehingga tidak dapat direm atau dikurangi," kata Yusuf.

Diketahui, truk tronton itu menabrak 20 kendaraan dengan rincian 14 sepeda motor dan 6 mobil.

"Di depannya kan (depan simpang Muara Rapak) adalah bundaran, jadi dia berhenti setelah menabrak sejumlah kendaraan di situ," kata Yusuf.

Diberitakan sebelumnya, peristiwa nahas ini terjadi sekitar pukul 05.00 Wita pagi tadi. Polisi mengidentifikasi korban meninggal lima orang dan luka berat 4 orang.

"Untuk yang luka ringan kita masih terus melakukan pendataan biar akurat," pungkas Yusuf Sutejo.

Simak Video: Kronologi Kecelakaan Maut di Balikpapan, Truk Tronton Mengalami Rem Blong

[Gambas:Video 20detik]




(hmw/nvl)