Hakim Itong Isnaeni Tersangka KPK Bantah Terima Suap: Ini Cerita Dongeng

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 05:11 WIB
Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Itong Isnaeni Hidayat tiba di gedung KPK Jakarta. Sebelumnya Itong terjaring OTT KPK terkait suap perkara di pengadilan.
Foto: Itong Isnaeni (kanan) Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Hakim Pengadilan Negeri (PN) Surabaya Itong Isnaeni Hidayat ditetapkan KPK sebagai tersangka kasus dugaan suap. Usai jadi tersangka, Itong membantah penerimaan suap itu dan menyebut hal itu hanyalah sebuah dongeng.

Itong disebut menerima suap bersama panitera pengganti, Hamdan, yang juga ditetapkan sebagai tersangka. Itong menyebut dirinya tak pernah memerintahkan apapun terhadap Hamdan soal perkara ini.

"Ya memang yang tertangkap tangan itu Hamdan dan pengacaranya itu saya nggak kenal ya, dan saya tidak pernah ketemu sebelumya dan hubungan apapun dan pernah memerintahkan apapun pada Hamdan. Tapi ketika Hamdan sama itu melakukan transaksi, dikaitkan dengan saya sebagai hakimnya. itu saya nggak terima," kata Itong saat keluar gedung KPK, Jumat (21/1/2022).

"Dan tadi cerita-cerita itu seperti dongeng, saya jadi baru tahu tadi ada uang Rp 1,3 (miliar), nggak pernah saya, tapi ya sudah lah," sambungnya.

Selanjutnya, Itong mengatakan memang sulit untuk membuat percaya KPK bahwa dirinya tak terlibat. Dirinya menegaskan bahwa tak tahu sama sekali soal perkara yang menjeratnya itum

"Membuktikan sesuatu yang tidak itu emang sulit karena anggapan pasti saya tahu, dianggap saya memerintahkan. Tapi saya ketemu di mana juga nggak pernah, memerintahkan apapun kepada Hamdan tentang adanya, saya baru tahu kok setelah tadi ada kok segitunya," katanya.

Simak bantahan Itong selengkapnya di halaman berikutnya.

Simak Video: 'Upeti' Jadi Kode Suap ke Hakim-Panitera Pengganti PN Surabaya

[Gambas:Video 20detik]