Viral Video Supir Truk Dipalak di Palembang, Polisi Turun Tangan

Prima Syahbana - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 23:08 WIB
ilustrasi kejahatan kriminal perampokan pembunuhan pemerkosaan pencopetan
Foto: Andi Saputra/detikcom
Palembang -

Video memperlihatkan aksi pemalakan sopir truk bikin heboh di Palembang, Sumatera Selatan. Polisi bakal turun tangan mengecek kasus di video tersebut.

Dilihat detikcom, Kamis (20/1/2022), narasi di unggahan video tertulis 'Kang palak di lampu merah Macan Lindungan. Macan Lindungan berada di daerah Ilir Barat I (satu), Palembang.' Video berdurasi 25 detik itu diunggah dua hari lalu, tepatnya pada Rabu (18/1).

Peristiwa itu disebut terjadi pada malam hari, Minggu (16/1). Ada dua pria, diduga pemalak, mengikuti truk yang melambat menjelang lampu merah. Salah seorang pria terlihat sempat menaiki injakkan kaki sopir untuk masuk ke kabin.

Ketua Komunitas Sopir Truk RST Sumsel, Apriyadi, tidak membantah video yang beredar tersebut. Menurutnya, aksi seperti itu memang belakangan ini sudah sering terjadi di lokasi tersebut.

"Iya, video itu benar, kejadian Sabtu malam Minggu kemarin di Macan Lindungan. Belakangan ini memang sudah ramai lagi, Bang, mereka berulah lagi. Mereka itu remaja-remaja tanggung, anak punk, itu suka malakin sopir-sopir truk di situ, mereka memang sengaja nongkrong dekat situ (Macan Lindungan)," kata Apri kepada detikcom, Kamis (20/1).

Menurut Apri, truk yang kerap menjadi incaran aksi pemalakan mereka rata-rata truk yang berpelat nomor polisi di luar Sumsel. Khususnya truk-truk luar Sumatera, seperti pelat Jawa.

"Kalu sopir truk dari Sumsel atau Palembang inilah mereka nggak berani minta maksa. Jadi incaran mereka itu lebih ke mobil pelat luar Sumsel. Khususnya sopir pelat Jawa yang dari seberang, itu pada ngeluh, Bang," ucap pria yang juga merupakan sopir truk antarkota-antarprovinsi itu.

Menanggapi video tersebut, Kepolisian Ilir Barat I Palembang mengatakan akan mengecek video tersebut dan menindaklanjutinya.

"Kita cek dulu terkait video itu, jika memang benar kita segera tindak lanjuti mengamankan pelakunya," kata Kapolsek Ilir Barat I (satu) Palembang Kompol Roy A Tambunan ketika dimintai konfirmasi detikcom.

Pihaknya juga mengimbau kepada sopir truk apabila menjadi korban pemalakan atau pungutan liar (pungli) untuk segera melapor.

"Untuk sopirnya juga jika memang merasa menjadi korban kita imbau untuk melapor," kata Kapolsek Ilir Barat I (satu) Palembang, kata Roy.

[Gambas:Instagram]

(aik/aik)