Dino Patti Djalal Diperiksa KPK soal Formula E, Wagub DKI: Apa Korelasinya?

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 19:18 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, di Balai Kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Senin (20/9/2021).
Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (Karin/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria merespons pemeriksaan terhadap Mantan Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal oleh KPK terkait Formula E. Dia mengaku tidak mengetahui perihal pemeriksaan tersebut.

"Saya baru dengar, apa korelasinya Dino Pati Djalal. Saya nggak tahu," kata Riza kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Terkait informasi pemeriksaan, Riza mempersilakan untuk mempertanyakan hal tersebut ke KPK. Dia mengaku belum tahu info tersebut.

"Silakan nanti ditanya. Saya belum tahu sama sekali," ujarnya.

Sebelumnya, Dino Patti Djalal telah dimintai keterangan oleh KPK terkait penyelidikan kasus dugaan korupsi Formula E. Dino dimintai keterangan soal proses dia memperkenalkan pihak Formula E ke Gubernur DKI Anies Baswedan.

"Saya itu adalah pihak yang pertama kali diminta Formula E untuk memperkenalkan kepada Gubernur, kepada Pemda DKI gitu," kata Dino saat dihubungi detikcom, Rabu (19/1).

Dino juga ditanya penyidik soal permintaan Diaspora Indonesia yang menjembatani Formula E dengan Anies. Pertemuan itu disebut terjadi pada 10 Mei 2019.

"Jadi peran saya itu di sana, yang pertama kali memperkenalkan Formula E itu adalah saya. Dan ini juga ceritanya waktu itu ada Diaspora Indonesia yang bekerja dengan Formula E dan datang ke saya dan dia bilang 'Mungkin nggak Indonesia itu jadi bagian dari racing Formula E secara global'," katanya.

"Nah, mungkin Jakarta tertarik, jadi atas dasar itu, kebetulan saya kenal dengan Gubernur Pak Anies, jadi saya perkenalkan mereka di kantor Gubernur pada tanggal 10 Mei 2019," tambahnya.

Simak video 'Tersisa 5 Bulan, Emang Cukup untuk Bangun Sirkuit Formula E dan Homologasinya?':

[Gambas:Video 20detik]



Simak selengkapnya di halaman berikutnya.