Kepala BNN Tepis Johan Budi soal Kabar Anggotanya 'Main' Kewenangan

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 17:46 WIB
Komisi III-BNN Kompak Berjaket ‘War on Drugs’ (Foto: Rolando/detikcom)
Komisi III-BNN Kompak Berjaket 'War on Drugs' (Rolando/detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi III DPR RI Johan Budi mendapat laporan ada aparat Badan Narkotika Nasional (BNN) 'main' kewenangan. Kepala BNN Komjen Petrus Reinhard Golose menepis kabar itu.

"Kemudian berkaitan dengan kewenangan yang disalahgunakan, perlu kami laporkan ini juga suatu kebanggaan saya sebagai pimpinan dari Badan Narkotika Nasional, 2021 kami tidak menemukan di tempat kami, Pak, untuk penyalahgunaan. Kalau ada di institusi lain, mungkin bisa ditanyakan ke pimpinannya," kata Komjen Petrus.

"Kami cek tadi, tidak ada penyalahgunaan kewenangan berkaitan dengan yang Bapak sampaikan tadi," imbuhnya.

Petrus berjanji akan menindak tegas anak buahnya yang 'main' kewenangan, baik dari pemeriksaan maupun pemidanaan.

"Tapi pun kalau ada, kita ada prosedurnya Pak, apakah pemeriksaan dari inspektur khusus, kemudian inspektorat utama. Kemudian ada sidang disiplin, kemudian kalau pidana, kita bekerja sama dengan Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk mempidanakan," ujar Petrus.

"Tapi puji syukur Pak, kita untuk 2021 tidak dilakukan oleh, selama laporan kami tadi 2021 tidak ada dari unsur Badan Narkotika Nasional. Mudah-mudahan ini bisa kami pertahankan terus Pak," imbuhnya.

Johan Budi sebelumnya mendapatkan laporan bahwa ada aparat BNN yang 'memainkan' kewenangan. Johan Budi juga mencontohkan modus yang digunakan.

"Tapi satu permintaan saya, Pak, bagaimana kalau ada aparat BNN yang menyalahgunakan kewenangannya, Pak? Bermain di dalam itu. Tadi ini nggak ada yang menyinggung," kata Johan Budi di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/1).

Perihal informasi ada aparat BNN 'memainkan' kewenangan disampaikan Johan Budi di depan Petrus dalam rapat kerja Komisi III DPR. Contoh modusnya, sebut Johan Budi, terkait penetapan status pengguna atau pengedar.

"Karena saya dapat juga laporan secara langsung bahwa ada juga aparat BNN yang memainkan kewenangannya itu, Pak. Yang tadi saya sampaikan, ini pengedar apa pengguna, setengah gram jadi pengedar bisa, misalnya," paparnya.

Simak Video 'Waduh! Anggota DPR Dapat Laporan Ada Anggota BNN Main Kewenangan':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/aud)