Viral Bendera Merah Putih Lis Emas di Acara MKGR, Golkar Sulsel Buka Suara

Hermawan Mappiwali - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 17:26 WIB
Viral bendera merah putih lis kuning emas di acara partai Golkar (dok. istimiewa)
Viral bendera merah putih lis kuning emas di acara partai Golkar. (dok. istimewa)
Makassar -

Viral di media sosial bendera merah putih dengan lis kuning emas pada acara HUT organisasi sayap Partai Golkar, Musyawarah Kekeluargaan Gotong Royong (MKGR) Sulawesi Selatan (Sulsel). Golkar Sulsel lantas buka suara dengan menjelaskan maksud dari bendera merah putih lis emas yang diviralkan.

Juru bicara (jubir) Golkar Sulsel Fadli Noor mengungkapkan bendera merah putih dengan lis kuning emas itu harus dilihat sesuai konteks acara HUT MKGR Sulsel. Dia juga menegaskan bendera merah putih dengan lis kuning emas itu bukanlah bendera Indonesia.

"Jadi begini, perspektifnya didudukkan dulu pada konteks acara ya," kata Fadli kepada detikcom, Kamis (20/1/2022).

Fadli mengatakan bendera merah putih dengan lis kuning emas itu dikibarkan saat acara sendratari HUT ke-62 MKGR di Makassar pada Sabtu (15/1).

"Jadi acara itu adalah acara sendratari. Jadi dia menyajikan tarian tentang ketangguhan pelaut Bugis-Makassar," kata Fadli.

Untuk mempertegas konteks, lanjut dia, panggung acara digelar karpet berwarna biru sebagai lambang lautan. Kemudian untuk panggung utama merupakan replika kapal phinisi.

"Jadi kan konteksnya adalah ada perahu pinisi di atas lautan. Kemudian ada penggunaan bendera-bendera colour guard. Ada yang menggambarkan biota laut, jadi ada gambar ikan, gambar karang, dan ada yang menggambarkan panji-panji para pelaut itu," kata Fadli.

Kemudian untuk bendera merah putih dengan lis kuning emas ditegaskan Fadli sebagai bendera colour guard.

"Jadi bukan warna merah putih diberi kuning (emas), keliru. Jadi tidak bisa disebutkan itu bendera merah putih yang diberikan warna kuning karena itu sejak awal dibuat dalam kombinasi tiga warna," katanya.

"Jadi pada saat dikibarkan bersama bendera lain menggambarkan panji-panji sebagai colour guard dan lambang-lambang yang menunjukkan biota laut," kata Fadli merujuk pada makna bendera yang viral.

Namun saat ditanya apa nama dari bendera kombinasi tiga warna itu, Fadli mengatakan tak ada namanya.

"Oh tidak ada nama benderanya, itulah tadi saya menyebutkan colour guard, colour guard pemilihan warna untuk dikibarkan untuk memeriahkan pertunjukan," kata Fadli.

Fadli menegaskan semua pihak harusnya melepaskan diri dari konteks bahwa bendera itu bendera merah putih.

"Kalaupun misalnya orang mau memaksa itu merah putih dikasi lis kuning, kalau merah putih itu pernah dikibarkan baru kita ambil baru kita coret itu yang salah, ini kan dari awal kita buat bendera dengan kombinasi tiga warna. Saya cuma mau mempertegas konteks," katanya.

Simak juga 'Momen Warga Aceh Kibarkan Bendera Bulan Bintang Sambil Diiringi Azan':

[Gambas:Video 20detik]



(hmw/nvl)