132 Ribu Siswa SD Ikut Vaksinasi di Makassar

Ibnu Munsir - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 11:50 WIB
Vaksinasi anak di Makassar (detikcom/Ibnu Munsir)
Vaksinasi anak di Makassar (detikcom/Ibnu Munsir)
Makassar -

Vaksinasi anak sekolah dasar (SD) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), digelar serentak hari ini. Sebanyak 132 ribu anak SD divaksinasi jenis Sinovac.

Pantauan detikcom, Kamis (20/1/2022), salah satu vaksinasi anak berlangsung di SD Mangkura, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar. Tampak antusiasme siswa didampingi orang tua masing-masing sejak pagi tadi.

Sejumlah siswa terlihat menangis dan menolak saat hendak divaksinasi. Namun hal ini bukan kendala berarti bagi vaksinator untuk membujuk para siswa.

Kadisdik Makassar Muhyiddin mengungkapkan total ada 132 ribu siswa yang tercatat sebagai peserta vaksinasi. Vaksinasi siswa bakal dilakukan secara bertahap.

"Ada 132 ribu siswa SD di Kota Makassar menjadi target vaksinasi. Para siswa ini merupakan siswa SD Negeri maupun swasta," kata Muhyiddin di lokasi.

Muhyiddin mengklaim sejauh ini tak ada kendala dalam vaksinasi anak. Hanya, dia menyebut perlunya memberi atensi terhadap anak yang memiliki penyakit.

"Orang tua yang tau riwayatnya anak, nanti kan di-screening kalau memang ada riwayat penyakit tergantung nanti laporan hasil akhirnya," katanya.

Sementara itu, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan 'Danny' Pomanto, yang meninjau proses vaksinasi, mengungkap perlunya percepatan vaksinasi anak karena dapat mempercepat proses pembelajaran tatap muka 100 persen.

"Perkuatan sekolah-sekolah penting berdasarkan imunitas anak-anak di sekolah. Alhamdulillah setelah meninjau langsung, dukungan orang tua, dukungan guru, seluruh nakes dikawal dari TNI-Polri dan alhamdulillah berhasil dengan baik," kata Danny.

(hmw/mud)