Pangdam Kasuari Kutuk Penembakan 5 Prajurit di Maybrat: Kejar Pelaku!

Audrey Santoso - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 17:11 WIB
Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, mengatakan Tanah Papua adalah warisan leluhur yang harus dijaga. Dia mengatakan pembangunan Papua harus dilakukan dengan penuh kedamaian. (dok Kodam Kasuari)
Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa mengatakan Tanah Papua adalah warisan leluhur yang harus dijaga. Dia mengatakan pembangunan Papua harus dilakukan dengan penuh kedamaian. (Dok. Kodam Kasuari)
Maybrat -

Panglima Kodam (Pangdam) XVIII/Kasuari, Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa, mengutuk penembakan yang dilakukan kelompok kriminal bersenjata (KKB) terhadap lima prajurit TNI di Maybrat, Papua Barat. Dalam peristiwa ini, seorang prajurit bernama Serda Miskel gugur.

"Tentunya kami prihatin dan turut berduka cita sedalam-dalamnya. Kami mengutuk keras kekerasan yang semena-mena ini, yang tidak manusiawi." tegas Nyoman kepada detikcom, Kamis (20/1/2022).

Nyoman menyebut prajurit TNI ditembaki oleh KKB, hendak bekerja membangun infrastruktur setempat untuk membantu warga. Kegiatan pembangunan ini pun melibatkan prajurit yang merupakan putra daerah Papua Barat sendiri.

"Di mana saat ini TNI sedang melakukan kegiatan teritorial, membangun Papua Barat, membantu masyarakat. Permintaan masyarakat untuk bisa kembali ke kampungnya, (pembangunan jembatan) yang juga dilakukan putra daerah. Tetapi dicederai oleh aksi brutal," ucap Nyoman.

Nyoman menyatakan akan mengejar KKB untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya di hadapan hukum. Dia pun berkomitmen pihaknya akan terus membangun jembatan permanen di Maybrat.

"Kami akan terus mengejar pelaku-pelaku untuk mempertanggungjawabkan perbuatan mereka. Penyerangan hari ini tidak akan menyurutkan semangat TNI utuk membangun Papua Barat, khususnya jembatan penghubung di Maybrat yang sangat vital diperlukan masyarakat," tutur Nyoman.

Terpisah, Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) XVIII/Kasuari, Kolonel Arm Hendra Pasilerron, menuturkan Serda Miskel merupakan putra daerah asal Raja Ampat. Saat ini jenazahnya disemayamkan di markas Yonzipur 20.

"Yang gugur ini prajurit putra daerah, putra terbaik Papua Barat. Serda Miskel asli Raja Ampat. Jenazah saat ini disemayamkan di Yonzipur 20, besok pukul 06.30 WIT upacara pengantaran jenazah, kami antar ke pelabuhan untuk diseberangkan ke Raja Ampat," kata Hendra kepada detikcom.

KKB di Maybrat tembaki kendaraan TNI. 1 Prajurit gugur dan empat lainnya terluka.KKB di Maybrat menembaki kendaraan TNI. Seorang prajurit gugur dan empat lainnya terluka. (Dok. Pendam Kasuari)

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Operasi Cartenz Dimulai, Kapolda Papua Minta Anggota Tahan Diri Hadapi KKB':

[Gambas:Video 20detik]