Polisi Gerebek Kampung Narkoba Beromzet Rp 1,8 M di Samarinda, 8 Ditangkap

Muhammad Budi Kurniawan - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 16:48 WIB
Petugas Polairud Polda Kaltim saat melakukan penggerebekan di kampung narkoba di Samarinda (dok. istimewa)
Petugas Polairud Polda Kaltim saat melakukan penggerebekan di kampung narkoba di Samarinda (dok. Istimewa)
Samarinda -

Ditpolair Polda Kalimantan Timur (Kaltim) menggerebek kampung narkoba di Kota Samarinda yang memiliki omzet hingga Rp 1,8 miliar. Delapan orang ditangkap beserta barang bukti 56 poket sabu seberat 25 gram siap edar disita.

Penggerebekan dilakukan pada Kamis (20/1/2022) di kampung narkoba di wilayah Kecamatan Samarinda Seberang, Samarinda, Kaltim. Polisi sempat terlibat saling kejar dengan para terduga pelaku hingga menjadi tontonan warga sekitar.

"Sempat terjadi aksi kejar-kejaran, dan beberapa para pelaku berhasil lolos, hanya 8 orang yang berhasil kita amankan," ujar Dirpolairud Polda Kaltim Kombes Tatar Nugroho kepada detikcom, Kamis (20/1).

"Saat penggerebekan kita amankan 8 orang, 4 orang sebagai pembeli, dua orang pengedar, dan dua orang lainnya bertugas sebagai penjaga," lanjutnya.

Penelusuran polisi mengungkap bahwa para pelaku mendapatkan omzet hingga Rp 60 juta sehari dari bisnis narkoba di perkampungan itu.

"Pengakuan dari salah satu pelaku sudah 2 bulan menjual sabu, dan omset mereka mencapai 60 juta sehari, dan satu bulannya bisa mencapai 1,8 miliar," terangnya.

Selain sabu, polisi mengamankan uang tunai sebanyak Rp 6 juta, 2 senjata tajam, dan kendaraan milik pembeli. Kini para pelaku telah diamankan di Polresta Samarinda guna penyelidikan lebih lanjut.

(hmw/nvl)