Pemprov DKI Ungkap Progres Pembangunan Stasiun KRL di Kawasan JIS

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 16:25 WIB
Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo
Kadishub DKI Jakarta Syafrin Liputo (Lisye/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI bakal membangun stasiun kereta rel listrik (KRL) di Kawasan Jakarta Internasional Stadium (JIS). Saat ini, proses pembangunan itu masih pada tahap pembahasan dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian, Kemenhub.

"Demikian pula halnya untuk KRL saat ini sedang dibahas dengan Direktorat Jenderal Perkeretaapian terkait dengan penyiapan stasiun apakah itu langsung permanen ataupun mekanismenya dengan menyiapkan shelter KRL," ujar Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Syafrin Liputo, di gedung DPRD, Kamis (20/1/2022).

Ada tiga moda transportasi masal yang disiapkan. Ketiga transportasi itu akan saling terintegrasi.

"Untuk konektivitas JIS itu akan disiapkan layanan angkutan umum rencananya ada 3 moda angkutan masal yang nantinya akan terhubung dengan JIS," katanya.

Syafrin menuturkan nantinya untuk moda transportasi TransJakarta akan dibangun koridor 14 rute Senen menuju JIS. Lalu akan ada moda transportasi KRL dan LRT.

"Pertama tentu akan dibangun koridor 14 dari Senen ke Jakarta International Stadium. Yang kedua itu akan ada pembangunan stasiun KRL di kawasan JIS. Yang ketiga tentu kita ketahui bahwa Jakarta akan membangun LRT Jakarta lanjutan dari fase Kelapa Gading-Velodrome nantinya yang berikutnya yang akan dibangun adalah Velodrome-JIS," tuturnya.

Sementara, untuk uji coba TransJakarta rute JIS kata Syafrin, akan dilakukan tahun ini. "Untuk TransJakarta mulai tahun ini kami akan lakukan uji coba rute layanan," katanya.

(lir/lir)