Stasiun KRL Bakal Dibangun di Kawasan JIS

Tiara Aliya Azahra - detikNews
Kamis, 26 Agu 2021 11:38 WIB
JIS Stadion
Progres pembangunan JIS (Pradita Uatama/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta berencana membangun stasiun KRL di kawasan Jakarta International Stadium (JIS). Saat ini, PT Jakpro tengah melengkapi kajian kelayakan atau feasibility study.

"Kajiannya sudah kita mintakan kajiannya ke Jakpro untuk menyiapkannya," kata Syafrin kepada wartawan, Kamis (26/8/2021).

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan telah bersurat kepada Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi terkait rencana ini. Bahkan pembahasan bersama Ditjen Perkeretaapian Kemenhub telah diselenggarakan.

"Pak Gubernur sudah bersurat ke Menhub itu pada Juni lalu terkait dengan dibangunnya stasiun KRL di kawasan JIS. Kami sudah lakukan pembahasan 2x dalam tataran itu dan tentu untuk bisa masuk ke sana harus ada kajian atau feasibility study," ujarnya.

Sejumlah aspek dipertimbangkan mulai dari akses ke stasiun hingga potensi ridership atau penumpang. Nantinya, stasiun KRL bakal terintegrasi dengan layanan mode transportasi lainnya seperti MRT dan BRT.

"Himpitan JIS itu ada di sisi rel KRL yang Kampung Bandan-Tanjung Priok atau Kota-Tanjung Priok. Jadi itu akan dibangun di sana. Dari teman teman DJKA minta kajian terkait itu ," sebutnya.

"Kan kita juga mau buka koridor 14 dan 15 TJ ke arah JIS. Juga akan ada layanan LRT Kelapa Gading-JIS. Itu jadi satu kesatuan perencanaan untuk support pembangunan stasiun KRL di kawasan itu," lanjutnya.

Sebagaimana diketahui, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menerbitkan instruksi menuntaskan 28 isu prioritas pada 2021-2022. Selain penyelenggaraan Formula E, Anies menargetkan Jakarta International Stadium (JIS) diresmikan akhir tahun ini.

"Diresmikannya stadion JIS, Desember 2021," demikian isi Ingub terbaru Anies, seperti dilihat pada Senin (9/8).

Ingub itu bernomor 49 tahun 2021 tentang penyelesaian isu prioritas daerah tahun 2021-2022. Sekda DKI-lah yang nantinya akan bertanggung jawab atas instruksi Anies.

Adapun dalam instruksi itu, Anies meminta dibuatkan infrastruktur pendukung terkait aktivasi di kawasan JIS. Pertama, Anies ingin ada penambahan stasiun KAI baru di sisi barat dan timur JIS.

Pembangunan itu ditargetkan hingga Juni 2022. Kemudian Anies juga menginstruksikan terselesaikannya izin rute tambahan baru KCI Jatinegara-Rajawali-Ancol-Priok.

Lihat juga video 'Anies Baswedan Kawal Pengangkatan Rangka Atap JIS':

[Gambas:Video 20detik]

(lir/lir)