Tahun Ini, Pemprov DKI Akan Bangun Jalur Sepeda Sepanjang 190 Km

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 15:36 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menambah panjang lintasan jalur sepeda di Ibu Kota. Penasaran?
Foto: Agung Pambudhy/detikcom
Jakarta -

Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Sayfrin Liputo menyampaikan Pemprov DKI meneruskan pembangunan jalur sepeda tahun ini. Pembangunan ditargetkan sepanjang 190 km sampai akhir tahun ini.

"Sekitar 190-an kilometer akan dibangun sehingga pada akhir tahun ini kita bisa realisasikan," kata Syafrin di gedung DPRD Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Syafrin menuturkan target pembangunan jalur sepeda itu masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Jakarta. Selain itu, rencana tersebut masuk kegiatan strategis daerah.

"Itu termasuk dalam RPJMD mupun kegiatan strategis daerah," tuturnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menambah panjang lintasan jalur sepeda di Ibu Kota. Dia menargetkan pada akhir 2021 Jakarta memiliki jalur sepeda sepanjang 170 km.

"Adapun jalur sepeda total saat ini ada 63 km, lalu tambahan ada 101 km. Jadi harapannya nanti akhir tahun kita punya lebih dari 170 km jalur sepeda," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (3/6/2021).

Eks Mendikbud itu mengatakan penambahan jalur ini demi mengakomodasi minat warga untuk bersepeda, khususnya menjadikan sepeda sebagai sarana transportasi saat berangkat kerja.

(idn/idn)