Fraksi PDIP Panggil Arteria Dahlan Klarifikasi soal Mobil-Bahasa Sunda

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 14:05 WIB
Wasekjen PDIP Utut Adianto, di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (22/12/2021).
Ketua Fraksi PDIP Utut Adianto. (Firda Cynthia Anggrainy/detikcom)
Jakarta -

Ketua Fraksi PDIP DPR Utut Adianto menjadwalkan pemanggilan kepada anggota DPR F-PDIP Arteria Dahlan. Arteria akan dimintai klarifikasi terkait 5 mobil berjejer di parkiran DPR dan kritiknya terhadap Kajati Jawa Barat terkait penggunaan bahasa Sunda saat rapat.

"Terkait Arteria Dahlan, kami sebagai pimpinan fraksi sedang mengundang beliau, saya janji jam 13.00 WIB, tapi karena jam 13.00 WIB, masih mimpin raker bentar lagi dia ada di atas (ruang Fraksi)," ujar Utut di kompleks DPR, Jakarta, Kamis (20/1/2022).

Utut mengatakan dia akan mengklarifikasi terkait kritik Arteria tentang Kajati Jabar menggunakan bahasa Sunda saat rapat. Dia meminta Arteria meluruskan hal itu.

"Kan kita belum tahu persis apa yang diomong, dan dimaksud dari omongan dia. Tapi nanti kita akan sampaikan langkah-langkahnya, sekarang kan belum bisa saya sampaikan, saya belum jumpa secara pribadi," jelasnya.

Terkait sanksi, Utut belum bicara secara jelas. Yang pasti, kata Utut, Fraksi PDIP hari ini mendengarkan klarifikasi dari Arteria.

"Begini, kalau PDIP pasti konsepnya kalau keliru kita luruskan, dan konsepnya membina. Jadi bukan... hukuman itu tentu dalam derajat yang paling tinggi kesalahannya, tetapi kita lihat makanya ini konsepnya membina, kalau dari Pak Arteria Dahlan ini omongannya maksudnya apa, biar dia bicara," ucapnya.

Tidak hanya terkait bahasa Sunda, Arteria akan dimintai klarifikasi perihal 5 mobilnya yang berjejer di parkiran DPR RI dengan menggunakan pelat berlogo Polri dengan nomor polisi sama. Saat ini, mobil-mobil tersebut sudah berganti pelat nomor asli.

"Saya juga baru tahu (soal mobil), mana kita tahu. Saya juga baru tahu tadi pagi, tahu dikasih tahu ada foto-foto gini. Nanti bagian dari itu, kayaknya agenda (pemanggilan ke Fraksi) bagian dari itu," ungkap Utut.

Simak Video 'Arteria Dahlan Dilaporkan ke Polda Jabar':

[Gambas:Video 20detik]



(zap/mae)