Heboh Mobil-mobil Arteria Dahlan, Kini Sudah Ganti Pelat Nomor Asli

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 13:30 WIB
Jakarta -

Lima mobil milik anggota Komisi III DPR RI, Arteria Dahlan, membuat heboh karena menggunakan pelat berlogo Polri dengan nomor polisi sama. Kini mobil-mobil itu sudah berganti pelat nomor aslinya.

Seperti dilihat di lokasi parkir gedung Nusantara II, kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/1/2022), hanya satu mobil yang menggunakan Polri 4196-07, yaitu Pajero Sport Dakar warna hitam. Pelat tersebut sebelumnya terpasang di mobil Toyota Vellfire.

Sementara itu, mobil Nissan Livina warna merah menggunakan pelat nomor B 1**7 W*X berstiker http://arteriadahlanlawyers.co.id. Mobil berstiker sama yakni Nissan Terra berpelat nomor B 1**8 TJS.

Hanya satu mobil yang menggunakan pelat Polri 4196-07. Sedangkan dua mobil berstiker nama Arteria Dahlan hanya dua mobil.

Lima mobil Arteria Dahlan sebelumnya yang terparkir di DPR berpelat nomor polisi sama. Namun, dari lima pelat nomor polisi yang sama itu, tak satu pun dilekatkan di mobil yang semestinya alias tak asli.

Arteria Dahlan menjelaskan terkait lima mobilnya bernomor polisi sama dan berstiker arteriadahlanlawyers.co.id terparkiran di DPR RI. Arteria menyebut kelima mobil tersebut memiliki pelat nomor asli masing-masing.

"Itu pelat-pelat nomor mobil itu, kalau gue pakai tuh, gue pakai pelat DPR. Itu kan pelat dasar, bukan pelat asli," kata Arteria saat dimintai konfirmasi, Rabu (19/1) lalu.

Mobil-mobil anggota DPR RI Arteria Dahlan terparkir dengan pelat nomor kendaraan organik polisi di gedung parkir mobil Gedung Nusantara II, DPR RI, Jakpus.Mobil-mobil anggota DPR RI Arteria Dahlan terparkir dengan pelat nomor kendaraan organik polisi di gedung parkir mobil gedung Nusantara II, DPR RI, Jakpus, Rabu (19/1/2022). (Foto: dok. istimewa)

Arteria menyebut kelima mobil miliknya itu akan dipasangi pelat DPR bernomor RF miliknya jika hendak digunakan. Dia menyebut pelat Polri 4196-07 hanya merupakan pelat dasar.

"Itu ada satu nomor gue nomor polisi. Ada satu nomor mobil gue ada di situ. Satu mobil ada nomor polisinya. Nanti kalau mau gue pakai, itu semua tatakan dasar. Itu nanti bisa gue pakaikan pelat DPR yang RF. Kalau mobil jalan, kan gue pakai pelat RF atau apa," ujarnya.

Mabes Polri kemudian mengungkap peruntukan nopol yang sebenarnya. Pelat nomor kendaraan organik kepolisian yang terpasang di kelima mobil Arteria bernomor 4196-07.

Polri mengatakan pelat nomor kendaraan organik 4196-07 tercatat untuk mobil Mitsubishi Pajero Sport Dakar. Dalam data Slog Polri, pelat nomor tersebut memang untuk Arteria Dahlan.

"Berdasarkan hasil pendataan di Bag Invent Biro Pal Slog Polri untuk No. Pol 4196-07 diperuntukkan Mitsubishi Pajero Sport Dakar dengan atas nama pemilik H.Arteri Dahlan, S.T., S.H., M.H/ DPR RI," terang Karo Penmas Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan saat dihubungi detikcom, Rabu (19/1).

Artinya pelat nomor organik kepolisian itu hanya untuk satu mobil. Untuk diketahui, Arteria memasang pelat nomor tersebut ke lima mobilnya, dan tak ada Mitsubishi Pajero Sport Dakar di antara kelima mobil yang dia parkirkan itu.

(rfs/tor)