Daerah Banjir Jakarta Hari Ini 20 Januari dan Jumlah Pengungsi

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 11:59 WIB
Daerah banjir Jakarta hari ini sudah berangsur surut. Kini tersisa 9 RT di kawasan Jakarta Barat yang masih tergenang banjir.
Daerah Banjir Jakarta Hari Ini 20 Januari dan Jumlah Pengungsi (Banjir di Tegal Alur pada 20 Januari 2022 / Foto: dok.ist)
Jakarta -

Daerah banjir Jakarta hari ini sudah berangsur surut. Kini tersisa 9 RT di kawasan Jakarta Barat yang masih tergenang banjir.

"Informasi genangan saat ini ada 9 RT atau 0,030% dari 30.470 RT yang ada di DKI Jakarta," kata Kepala Pusat Data dan Informasi Kebencanaan BPBD DKI Jakarta M Insyaf, dalam keterangannya, Kamis (20/1/2022) pagi.

Simak informasi di bawah terkait daerah banjir Jakarta hari ini.


Daerah Banjir Jakarta Hari Ini: Tersisa 9 RT di Jakarta Barat

Berdasarkan data BPBD Provinsi DKI Jakarta pada 20 Januari 2022, saat ini hanya tersisa 9 RT di Jakarta Barat yang masih tergenang banjir. Data ini tercatat per pukul 06.00 WIB.

Banjir yang memiliki ketinggian 40 cm ini disebabkan oleh curah hujan tinggi. Adapun 9 RT yang tersebar di 3 kelurahan yakni:

  1. Kelurahan Tegal Alur
  2. Kelurahan Cengkareng Barat
  3. Kelurahan Semper Timur


Daerah Banjir Jakarta Hari Ini: Jumlah Pengungsi

BPBD DKI Jakarta mencatat ada sejumlah warga yang saat ini masih mengungsi. Pengungsi tersebar di sejumlah pos pengungsian imbas daerah banjir Jakarta hari ini.

Berikut rinciannya:

  1. Di kelurahan Tegal Alur, jumlah pengungsi adalah 498 KK atau 1.532 jiwa yang tersebar di 11 lokasi pengungsi, yakni:
    -Majelis Ta'lim Nurul Falah
    -Belakang Bubur olo olo
    -Musholla Al-Hidayah
    -Musholla Raudhatul Hidayah
    -Rumah H. Gimun/Hj. Lela
    -Musholla NURDALIL IMAN
    -Musholla Al Madin Nurul Ikhwan
    -Rusunawa Binaan
    -RPTRA Alur Anggrek
    -Masjid Darurohman
    -Masjid Al-falah
  2. Di kelurahan Cengkareng Barat, jumlah pengungsi adalah 22 KK atau 35 jiwa. Para pengungsi tersebut saat ini berada di Musholah Al-Hidayah RT 07 RW 10
  3. Di Kelurahan Semper Timur, jumlah pengungsi ada 9 jiwa yang berada di posko pengungsian Kantor Sekretariat RW 01.

Daerah Banjir Jakarta Hari Ini Imbas Hujan Ekstrem

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan sebagian daerah banjir Jakarta hari ini imbas curah hujan ekstrem. Hal ini disampaikan Anies melalui akun media sosial Instagramnya @aniesbaswedan.

"Jakarta dilanda hujan ekstrem tapi bisa ditangani cepat. Kenapa? Atas izin Allah. Kerja sistematis dan kerja cepat itu membuatkan hasil! Banjir di sejumlah wilayah Ibu Kota pada Selasa kemarin, 18 Februari 2022, adalah akibat hujan dengan intensitas ekstrem yang terjadi," ucap Anies, seperti dilihat dalam unggahannya, Rabu (19/1/2022).

Anies menuturkan curah hujan di kawasan Kemayoran, Jakarta Utara pada Selasa kemarin mencapai 204 mm. Kemudian di Teluk Gong mencapai 193 mm dan di Kelapa Gading 163 mm.

Anis menyebut curah hujan di atas 150 mm masuk dalam kriteria kondisi ekstrem. Anies lalu menjelaskan kapasitas drainase di Jakarta hanya 50 sampai 100 mm.

"Bila terjadi hujan di atas 100 mm per hari, pasti akan terjadi genangan banjir di Jakarta. Jika turun hujan ekstrem hingga terjadi banjir, maka prioritas Pemprov DKI Jakarta adalah memastikan warga aman dan tak ada korban jiwa. Lalu memastikan semua usaha pemompaan dikerjakan agar banjir bisa surut dalam waktu maksimal enam jam setelah hujan berhenti," kata Anies.

Setelah mengetahui daerah banjir Jakarta hari ini, simak pula halaman berikutnya untuk mengetahui penanganan banjir yang dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta.