TPU Kober Langganan Banjir Sejak 2002, Pemkot Jakbar Buka Suara

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 06:57 WIB
TPU Kober Jakbar banjir (Foto: Karin/detikcom)
Foto: TPU Kober Jakbar banjir (Foto: Karin/detikcom)
Jakarta -

Tempat pemakaman umum (TPU) Kober yang berlokasi di Pendongkelan, Cengkareng Timur, Jakarta Barat (Jakbar), tergenang banjir. Pemkot Jakata Barat mengatakan hal ini dikarenakan posisi rendah.

"Lokasi dimaksud di posisi rendah," kata Plt Wakil Wali Kota Jakarta Barat Iin Mutmainnah, kepada wartawan, Rabu (19/1/2022).

Iin mengatakan upaya mengatasi banjir di TPU Kober tersebut sudah dilakukan. Salah satunya dengan penyedotan air oleh Dinas Pertamanan.

"Upaya sudah dilakukan penyedotan air oleh sudin pertamanan dan hutan kota," tuturnya.

Dia mengatakan, TPU Kober Pendongkelan merupakan tanah wakaf. Sehingga menurutnya jika nantinya kembali banjir maka pengurus TPU diminta untuk segera berkoordinasi dengan sudin.

"TPU Kober Pendongkelan adalah tanah wakaf, untuk itu antisipasi ke depan jika terjadi masalah tersebut kembali agar pengurus TPU wakaf segera koordinasi kepada Sudin Pertamanan dan Hutan Kota/ Kecamatan/Kelurahan," kata Iin.

Diketahui TPU Kober tergenang banjir (19/1). Pantauan detikcom pukul 11.07 WIB Rabu kemarin di lokasi, banjir di makam tersebut masih memenuhi sebagian kompleks pemakaman. Bahkan beberapa nisan juga turut tenggelam karena banjir.

Puluhan makam di lokasi ini terbenam banjir. Beberapa nisan penanda makam pun sudah tak terlihat.

Air terlihat memenuhi sebagian nisan tersebut. Tak seluruh makam mengalami kebanjiran hanya sebagian makam yang berada di bawah saja yang terendam.

Namun, makam sekitar kondisinya banyak yang sudah berlumpur akibat resapan air. Kondisi di makam tersebut juga licin akibat lumpur.

Pengurus makam, Dani (56), menyebut fenomena banjir di makam ini sudah sering terjadi. Bahkan banjir di makam ini disebut sudah menjadi hal yang biasa.

"Sejak tahun 2002, setiap tahun banjir," kata Dani ditemui di lokasi, Rabu (19/1/2022).

Simak juga Video: Anies Klaim Banjir di Jakarta 18 Januari Bisa Ditangani Cepat

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/knv)