Wacana di Serambi Mekah soal Surat Bebas Narkoba Jadi Syarat Nikah

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 22:43 WIB
Akad nikah is Islamic prenuptial agreement. Indonesian’s weddingAkad nikah is Islamic prenuptial agreement. Indonesian’s wedding (Islamic marriage)
Ilustrasi pernikahan (Foto: Getty Images/iStockphoto/Nanang Sholahudin)
Banda Aceh -

Narkoba bisa menjadi sumber kerusakan. Narkoba juga menghancurkan kebahagiaan pasangan yang berumah tangga.

Kementerian Agama (Kemenag) Kantor Wilayah (Kanwil) Aceh ingin pasangan muda-mudi yang akan menikah bebas dari narkoba. Nantinya Kemenag Aceh akan mewajibkan surat bebas narkoba sebagai tambahan syarat administrasi pernikahan.

"Kita sudah mewacanakan untuk mewajibkan tes bebas narkoba bagi pasangan calon pengantin sebelum akad nikah," Kakanwil Kemenag Aceh, Iqbal, kepada wartawan, Rabu (19/1/2022).

Iqbal berharap pernikahan yang dilakukan pasangan tersebut melahirkan keluarga sakinah mawaddah wa rahmah. Pasangan yang hendak menikah diharapkan terus sehat.

Kemenag juga ingin calon mempelai paham tujuan menikah. Mereka pun akan terus memberikan bimbingan pranikah bagi pasangan yang akan melangsungkan akad nikah.

"Kita percaya bahwa perkawinan yang bahagia lahir dari pasangan yang sehat dan memahami hakikat berkeluarga. Sebab itu kita tidak henti-hentinya melakukan bimbingan pranikah bagi pasangan calon pengantin," ujar Iqbal.

Simak berita selengkapnya di halaman berikutnya.