Ini Pesan Puan untuk Program Vaksinasi Anak di Boyolali

Dea Duta Aulia - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 22:05 WIB
Ketua DPR Puan Maharani
Foto: Istimewa
Jakarta -

Ketua DPR RI Puan Maharani bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menyambangi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 1 Sawahan, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali untuk melihat kegiatan vaksinasi kedua yang dilakukan untuk para siswa.

"Program vaksinasi bagi anak-anak usia 6-11 tahun perlu dipercepat dan dipantau terus pelaksanaannya," kata Puan dalam keterangan tertulis, Rabu (19/1/2022).

Ia mengatakan, di tengah ancaman gelombang ketiga akibat varian baru, maka mempercepat kegiatan vaksinasi merupakan hal yang penting untuk dilakukan. Hal tersebut juga perlu diimbangi dengan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan dan tetap menjaga jarak.

"Disiplin menjalankan prosedur kesehatan dan menyegarkan vaksinasi tentu amat dibutuhkan," kata Puan.

Selain mengingatkan pentingnya protokol kesehatan dan vaksinasi, Puan juga menyempatkan diri untuk menyapa para siswa dan meninjau pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di SDN 1 Sawahan.

Pihak sekolah menerangkan, SDN 1 Sawahan menerapkan PTM 50% dengan setiap kelas dibagi menjadi dua kelompok sehingga tetap dapat menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

Sementara itu, Camat Ngemplak Sumarno mengatakan, tingkat vaksinasi anak di Kecamatan Ngemplak sudah mencapai 106% lebih dari target yang mereka buat. Hal itu dikarenakan tidak ada orang tua yang melarang anaknya untuk ikut program vaksinasi.

"Tidak ada orang tua yang tidak membolehkan anaknya vaksin. Justru mereka bersemangat sekali dengan program vakisnasi bagi anak-anak mereka yang dilakukan di sekolah," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kecamatan Ngemplak Puji Astuti untuk vaksinasi lansia dan orang dewasa juga mendapatkan sambutan yang sangat baik dari masyarakat. Menurutnya, hal itu terjadi karena pihaknya melakukan vaksinasi dengan cara door to door.

"Kami juga melakukan Grebeg Vaksin, yakni program vaksin di desa-desa untuk memudahkan warga mendapat vaksin. Bahkan bagi lansia, kami mengadakan vaksinasi door to door supaya mereka bisa mendapat vaksinasi tanpa harus keluar rumah," tutup Puji.

(ega/ega)