Melintas di Luar Jam Operasional, Sejumlah Truk di Bogor Diputar Balik

Rizky Adha Mahendra - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 20:13 WIB
Guna mencegah kemacetan selama berlangsungnya tahun baru 2022, Dirjen Perhubungan Darat akan melakukan penegakan hukum (gakum) terhadap truk ODOL.
Ilustrasi (Foto: Grandyos Zafna/detikcom)
Bogor -

Satpol PP Kabupaten Bogor bersama warga sekitar memutar balik sejumlah truk tambang yang melintas di luar jam operasional di Jl Raya Parungpanjang. Hingga pukul 12.00 WIB, ada sekitar 10 truk yang diputar balik.

"Jadi setiap ada kendaraan yang ingin melanggar jam tayang, kita putar balikan dengan masyarakat, kata Kanit Satpol PP Parungpanjang, Dede Kosasih saat dihubungi, Rabu (19/1/2022).

Dede mengatakan kalau tindakan tersebut merupakan salah satu bentuk sosialisasi.

"Kemarin udah sosialisasi mulai dari spanduk udah dipasang untuk minggu pertama. Minggu kedua sekarang ada sedikit penindakan," terangnya.

Sebelumnya, Pemkab Bogor mengatur jam operasional truk tambang yang melintas di kawasan Bogor Barat melalui Perbup Kabupaten Bogor Nomor 120 Tahun 2021, yakni mulai pukul 20.00 WIB hingga 05.00 WIB. Pelanggar akan dikenakan sanksi tilang.

"Jam 20.00-05.00WIB, ada (petugas yang berjaga di setiap titik)," kata Bupati Bogor Ade Yasin, Senin (3/1).

Ade mengatakan aturan jam operasional itu sudah mulai berlaku sejak 30 Desember 2021. Pihaknya telah berkoordinasi dengan kepolisian untuk menerapkan sanksi tilang bagi pengemudi truk yang melanggar.

(isa/isa)