Musda Demokrat Jatim: Dukungan Menguat, Kader Lihat Sosok AHY di Emil Dardak

Gibran Maulana - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 18:42 WIB
emil dardak dan bayu airlangga
Panas Musda Demokrat Jatim (Faiq Azmi/detikcom)
Jakarta -

Jajaran Partai Demokrat bakal melanjutkan musyawarah daerah, kali ini pengurus Demokrat Jawa Timur. Dua kubu siap bertarung, yakni Sekretaris Plt DPD Partai Demokrat Jatim Bayu Airlangga dan Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak. Musda Jatim memanas dengan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Banyuwangi Michael Edy Hariyanto mempersoalkan integritas Bayu.

"Kami pernah diminta Bayu untuk menandatangani surat dukungan bagi Mas Emil untuk maju sebagai calon Ketua DPD Demokrat Jatim dalam Musda, tapi sampai sekarang suratnya tidak jelas ada di mana. Akhirnya kami harus membuat ulang surat dukungan bagi Mas Emil," kata dia dalam keterangan tertulis, Rabu (19/1/2022).

Bayu Airlangga disebut-sebut sudah didukung mayoritas DPC se-Jatim. Namun Michael membantah klaim tersebut. "Dari 38 DPC yang ada, 12 solid mendukung Mas Emil Dardak, Plt Ketua DPD Jatim. Dengan kata lain, sepertiga DPC berada di belakang Mas Emil dan jumlah ini akan terus bertambah," ujarnya.

"Jadi nggak benar itu 30 DPC dukung Bayu. Kalaupun mungkin pernah dukung, karena DPC-DPC dipengaruhi bahwa Bayu didukung orang kuat. Setelah sadar itu hanya bagian taktik kosong, DPC-DPC banyak yang cabut dan mengalihkan dukungan untuk Emil," katanya mengklaim.

Michael menyebut pernyataan Bayu didukung 30 DPC tidak benar. Dia percaya ke Emil Dardak karena melihat sosok Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Saya dan para ketua DPC se-Jatim percaya pada Mas Emil karena kami melihat sosok Mas AHY sebagai tokoh muda berprestasi, pada diri beliau," katanya.

Musda VI DPD Partai Demokrat Jatim diselenggarakan pada Kamis (20/1). Salah satu kandidat calon Ketua Demokrat Jatim Bayu Airlangga disebut mendapat dukungan terbesar dari semua musda di Indonesia.

Ketua DPC Demokrat Gresik Edi Santoso mengklaim sebanyak 32 DPC dari total 38 se-Jatim telah memberikan dukungan kepada Bayu dalam musda nanti. Edi menyebut, dalam demokrasi, seharusnya Bayu terpilih dalam musda.

"Saya percaya, Mas AHY akan mendengarkan mayoritas aspirasi para ketua DPC yang berjuang di akar rumput, dalam hal ini mendukung Mas Bayu," kata Edi.

(gbr/tor)